Wabah Monkeypox Menyebar di Eropa

Wabah Monkeypox Menyebar di Eropa

Ilustrasi: Wabah Monkeypox yang kini menyebar di Eropa.-straitstimes-Disway.id

Ini pertama kali ditemukan pada monyet pada tahun 1958, karena itulah namanya, meskipun hewan pengerat sekarang dipandang sebagai sumber utama penularan.

Penularan kali ini membingungkan para ahli, karena sejumlah kasus di Inggris pada 18 Mei tidak diketahui apakah saling berhubungan. 

Hanya kasus pertama yang dilaporkan pada 6 Mei baru-baru ini, seorang warga itu bepergian ke Nigeria.

Para ahli telah memperingatkan penularan yang lebih luas jika kasus tidak dilaporkan.

Peringatan Badan Keamanan Kesehatan Inggris juga menyoroti bahwa kasus-kasus baru-baru ini sebagian besar di antara pria yang mengidentifikasi diri sebagai gay, biseksual atau pria yang berhubungan seks dengan sesama.

Salah satu skenario yang mungkin terjadi di balik peningkatan kasus adalah peningkatan perjalanan karena pembatasan Covid-19 dicabut.

“Teori kerja saya adalah bahwa ada banyak kasus di Afrika barat dan tengah, perjalanan telah dilanjutkan, dan itulah mengapa kami melihat lebih banyak kasus,” kata Whitworth.

Monkeypox membuat ahli virologi waspada karena termasuk dalam keluarga cacar, meskipun menyebabkan penyakit yang kurang serius.

Cacar diberantas dengan vaksinasi pada tahun 1980, dan suntikan telah dihapus. Tapi itu juga melindungi terhadap monkeypox, dan dengan demikian meredanya kampanye vaksinasi telah menyebabkan lonjakan kasus monkeypox. 

Ini disampaikan Anne Rimoin, seorang profesor epidemiologi di UCLA di California. “Namun para ahli mendesak orang untuk tidak panik,” terangnya. 

“Ini tidak akan menyebabkan epidemi nasional seperti Covid, tetapi ini adalah wabah penyakit serius,” kata Whitworth.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the straits times