5 Manfaat Bersihkan Lidah Secara Rutin, Bisa Efektif Hilangkan Bau Mulut?

5 Manfaat Bersihkan Lidah Secara Rutin,  Bisa Efektif Hilangkan Bau Mulut?

Manfaat bersihkan lidah--freepik/freestockcenter

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Membersihkan lidah juga berkontribusi pada kesehatan usus. Lidah penting untuk pencernaan yang sehat. Menghilangkan bakteri di lidah memungkinkan usus berfungsi lebih baik.

BACA JUGA:Update Hilangnya Anak Ridwan Kamil, Polisi Swiss Kesulitan: Arus Air Sangat Kuat dan Keruh

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut ahli, membersihkan lidah dapat membantu mencegah halitosis, infeksi, dan membantu meredakan sakit tenggorokan, infeksi sinus, dan hidung tersumbat, serta menghilangkan lendir.

Itu artinya membersihkan lidah, bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tips Memilih dan Menggunakan Kerokan Lidah

Agar dapat membersihkan lidah secara optimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak menggunakan kerokan lidah, yaitu:

BACA JUGA:Pinjol Sumber Dana Teroris Selain Perampokan, Kepolisian Ungkap Faktanya

Perhatikan bentuknya

Anda dianjurkan untuk memilih kerokan lidah yang bentuk dan ukurannya sesuai dengan ukuran lidah Anda, sehingga dapat mengangkat lapisan plak sekaligus membersihkan permukaan lidah dengan baik. Selain itu, pastikan gagang kerokan lidah nyaman untuk digenggam.

Pastikan penggunaannya benar

Cara menggunakan kerokan lidah sangat mudah. Anda hanya perlu menjulurkan lidah, lalu letakkan kerokan lidah yang telah direndam dengan air hangat ke bagian belakang atau pangkal lidah.

Selanjutnya, tarik secara perlahan hingga ke bagian ujung depan lidah. Ulangi langkah ini sebanyak 4–5 kali hingga lidah terasa bersih.

Untuk mengatasi dan menghindari bau mulut, Anda juga harus rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Gunakan pula benang gigi agar sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi ikut terangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: