Intip Penyebab Bau Mulut Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Intip Penyebab Bau Mulut Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi. Bau Mulut--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - "Bau mulut puasa" adalah kondisi di mana seseorang mengalami Bau mulut yang tidak sedap selama berpuasa.

Terutama pada saat menjelang waktu berbuka puasa atau saat sahur.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kekurangan air dalam tubuh, rendahnya produksi air liur, dan proses pencernaan yang tidak optimal saat berpuasa.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Cegah Bau Mulut saat Puasa? Catat 4 Rahasia Ampuhnya

Bau mulut seringkali menjadi gangguan saat berpuasa karena tubuh tidak makan dan minum selama berjam-jam.

Dilansir dari laman unair.ac.id, Dr Desiana Radithia drg Sp PM(K) lewat kanal YouTube Dokter UNAIR TV menjelaskan bahwa bau mulut saat puasa disebabkan oleh penurunan produksi air liur.

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) itu menjelaskan, penurunan produksi air liur saat berpuasa seperti pedang bermata dua.

Di satu sisi menyebabkan beberapa mikroorganisme mati sehingga kita dapat mengatur kembali keseimbangan mikroorganisme di dalam rongga mulut.

BACA JUGA:Ahli Sebut Bau Mulut Bisa Jadi Pemicu Awal Munculnya Gejala Penyakit Kronis, Waspadalah!

Di sisi lain, menyebabkan mulut kering dan mikroorganisme mati yang tidak dapat dibersihkan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

“Air liur berfungsi sebagai pembersih langsung. Secara mekanis dengan jumlah yang cukup dan kualitas yang baik, air liur ini akan membantu membersihkan rongga mulut kita dari endapan mikroorganisme, sisa makanan, dan pembusukan rongga mulut yang terus terjadi,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Desi menegaskan bahwa bau mulut tidak hanya terjadi karena puasa. Itu bisa terjadi karena gigi berlubang, penumpukan karang gigi, dan sariawan. Apalagi, lanjutnya, apa yang kita makan juga bisa menyebabkan bau mulut.

Bagaimana mencegah bau mulut saat puasa?

BACA JUGA:Ladies Mesti Tahu, 3 Minuman Ini Bisa Memicu Bau Mulut Loh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: