8 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Diklaim Turunkan Kolestrol

8 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Diklaim Turunkan Kolestrol

Manfaat bawang merah untuk kesehatan--Freepik/stoccking

Bukan hanya itu, bawang merah juga bermanfaat untuk menjaga massa tulang tetap baik dan normal. Selagi masih muda, banyak mengonsumsi bawang merah bisa menjadi pilihan baik untuk menurunkan risiko gangguan tulang dan sendi di masa tua.

4. Meningkatkan Imunitas

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini didapatkan dari kandungan selenium yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Habiskan Uang Ratusan Juta, Pria Ini Berubah Jadi Seekor Anjing

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, berbagai ancaman virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih terlindungi dari berbagai serangan penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Bawang merat ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang merah, mampu meningkatkan kesehata mata.

Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata. Untuk itu, bawang merah baik dikonsumsi sejak dini agar kesehatan mata dapat terjaga.

6. Menjaga fungsi ginjal

Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga fungsi ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah mampu menurunkan kadar asam urat dan kadar kreatinin di dalam tubuh, sehingga kesehatan ginjal pun lebih terjaga.

BACA JUGA:Habiskan Uang Ratusan Juta, Pria Ini Berubah Jadi Seekor Anjing

Meski demikian, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas bawang merah untuk menjaga fungsi ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Meredakan reaksi alergi

Saat seseorang mengalami reaksi alergi, tubuh akan melepaskan zat histamin yang memicu munculnya berbagai gejala alergi, seperti mata berair serta rasa gatal pada kulit dan hidung.

Bawang merah diketahui mengandung antioksidan quercetin yang dapat bertindak layaknya antihistamin, sehingga mampu mengurangi gejala reaksi alergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: