Jelang Mudik 2022, Polisi dan Pemkot Cirebon Inspeksi Bus di Terminal Harjamukti

Jelang Mudik 2022, Polisi dan Pemkot Cirebon Inspeksi Bus di Terminal Harjamukti

Ilustrasi/Bus Umum -Pixabay-

CIREBON, DISWAY.ID-Jelang mudik 2022, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, melakukan inspeksi keselamatan kendaraan umum Bus di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Rabu 20 April 2022.

Terpantau di lokasi, sebelum dilakukan ram check atau inspeksi keselamatan petugas melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk tes urine terhadap awak bus.

Selanjutnya, satu persatu kendaraan bus yang ada di Terminal Harjamukti mulai Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Antar Dalam Provinsi (AKDP) dilakukan ram check. 

Pemeriksaan ram check tersebut diantaranya sistem kemudi, sistem rem, kondisi ban, lampu hingga wiper hujan dan sebagainya.

Pemeriksaan tersebut dipimpin langsung Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar, didampingi Kasat Lantas AKP Triyono Raharja dan Kadishub Kota Cirebon Andi Armawan.

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar mengatakan, tujuan ram check untuk memastikan kondisi kendaraan-kendaraan bus antar kota maupun provinsi yang digunakan untuk membawa penumpang pada arus mudik nanti dalam keadaan laik jalan.

“Kita lakukan ‘ram check’ untuk memastikan semua bus umum yang ada di Terminal Harjamukti laik jalan. Karena dengan kondisi kendaraan laik jalan diharapkan selama perjalanan tidak terjadi kendala, dan meminimalkan adanya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kerusakan kendaraan,”katanya.

AKBP M Fahri menyebutkan, ditemukan ada satu bus yang air wipernya tidak berfungsi dengan baik.

“Tadi ada satu bus yang air wipernya tidak berfungsi dengan baik. Maka itu, saya meminta pengendara agar diperbaiki dan mengisi air wiper terlebih dahulu sebelum berangkat,”sebutnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon Andi Armawan mengatakan, selama masa mudik Lebaran 2022, pihaknya akan terus melakukan pemantauan kendaraan umum, agar tidak terjadi hambatan.

“Di Terminal Harjamukti ini ada 80 bus yang melayani, dan nantinya bisa ditambah lagi ketika pemudik membeludak. Dan kami pastikan semua kendaraan laik jalan,” katanya. (rdh/RadarCirebon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: