Jabodetabek Ditarget Vaksinasi Booster Capai 50 Persen Hingga H-7 Lebaran Nanti

Jabodetabek Ditarget Vaksinasi Booster Capai 50 Persen Hingga H-7 Lebaran Nanti

Ilustrasi/Vaksin -Pixabay-

DISWAY.ID-Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot E. Pramono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan terpadu gerai vaksinasi pada periode Mudik Lebaran atau Idul Fitri 2022 ini. 

“Dengan menurunkan 144.392 personil, kita juga akan melakukan cipta kondisi sebelum dan sesudah operasi ketupat terhadap gangguan keamanan yang mungkin muncul dan melakukan percepatan vakinasi,” kata Gatot.

Ia juga menyampaikan, dalam rangka percepatan vaksinasi untuk wilayah Jabodetabek diharapkan satu minggu sebelum lebaran vaksinasi booster sudah mencapai 50 persen. 

Kemudian daerah tujuan mudik seperti Lampung, Jawa Tengah, Jaw Barat, Jawa Timur dan Jogjakarta ditargetkan booster sudah mencapai 30 persen.

“Percepatan vaksinasi ini kita lakukan bersama-sama dari Kementerian Kesehatan, Satgas, teman-teman TNI dan stakeholder terkait lainnya. Harapan kita tentunya ketika masyarakat nanti pulang ke kampungnya dan kembali tidak ada lonjakan Covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA:Ini Syarat dan Ketentuan Vaksin Perjalanan Mudik Lewat Pelabuhan Merak

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan masyarakat yang hendak mudik pada periode Hari Raya Idul Fitri 2022 agar telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Khususnya telah mencapai dosis tiga atau booster.

“Hal ini supaya ketika berangkat ke daerah tujuan, kondisi betul-betul sehat dari Covid-19 dan datang tidak membawa oleh-oleh Covid-19,” kata Muhadjir kepada wartawan, Minggu 17 April 2022.

Muhadjir mengatakan, pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan mudik agar berjalan aman, lancar dan sehat.

Persiapan itu dibahas melalui rapat koordinasi lintas sektor yang sudah dua kali dilaksanakan.

BACA JUGA:Stasiun Pasar Senen dan Gambir Buka Layanan Vaksin Covid-19 Dosis 1,2 dan Booster

“Bapak Presiden sudah memberikan petunjuk agar semua yang akan mudik menyiapkan diri dengan vaksin booster yang ketiga kalinya,” imbuhnya.

Selain kewajiban vaksin, masyarakat juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna menghindari lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran.

Muhadjir menambahkan, pemerintah telah menjamin perjalanan mudik aman dan lancar termasuk ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), gas elpiji, dan bahan pokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: