Rusia dan Tiongkok Resmikan Jembatan Perbatasan Moskow dan Beijing

Rusia dan Tiongkok Resmikan Jembatan Perbatasan Moskow dan Beijing

Pemandangan jembatan perbatasan pertama di atas Sungai Amur (Heilongjiang) yang menghubungkan kota Blagoveshchensk Rusia dan kota Heihe di China saat upacara peresmiannya pada 10 Juni 2022.-Reuters-

MOSKOW, DISWAY.ID- Hubungan Rusia dan Tiongkok (China) semakin erat, China menolak ikut jatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Rusia dan China belum lama ini meresmikan jembatan di perbatasan yang menghubungkan Kota  Blagoveshchensk Rusia dan kota Heihe di China.

Peresmian jembatan tersebut dilakukan 10 Juni 2022 kemarin. Moskow dan Beijing berharap jembatan baru yang menghubungkan kota Blagoveshchensk Rusia ke kota Heihe di China akan lebih meningkatkan perdagangan saat perang Ukraina.

Kantor berita RIA melaporkan, jembatan yang menghubungkan kota Blagoveshchensk Rusia ke kota Heihe di China melintasi Sungai Amur – yang dikenal di China sebagai Heilongjiang – panjangnya sekitar 1 km.

Melansir Aljazeera Sabtu 11 Juni 2022, Jembatan Rusia China menelan biaya 19 miliar rubel ($342 juta) atau setara Rp 4,7 Triliun, kantor berita RIA melaporkan pada hari Jumat.

BACA JUGA:Terdeteksi di Rusia, Subvarian Covid-19 BA.4 Lebih Menular dari Omicron

Pihak berwenang Rusia mengatakan jembatan itu akan mendekatkan Moskow dan Beijing dengan meningkatkan perdagangan setelah mereka mengumumkan kemitraan "tanpa batas" pada Februari, tak lama sebelum Presiden Vladimir Putin mengirim pasukannya ke Ukraina.

“Di dunia yang terpecah saat ini, jembatan Blagoveshchensk-Heihe antara Rusia dan China membawa makna simbolis khusus,” kata Yuri Trutnev, perwakilan Kremlin di Timur Jauh Rusia.

Wakil Perdana Menteri China Hu Chunhua pada pembukaan mengatakan, China ingin memperdalam kerja sama praktis dengan Rusia di semua bidang.

Menteri Transportasi Rusia Vitaly Savelyev mengatakan jembatan itu akan membantu meningkatkan perdagangan bilateral tahunan menjadi lebih dari satu juta ton barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: