Mentan Limpo Siapkan 800 Ribu Dosis Vaksin PMK Hewan

Mentan Limpo Siapkan 800 Ribu Dosis Vaksin PMK Hewan

Mentan kunjungi peternak terdampak PMK. Foto Ist.--

SUKOHARJO, DISWAY.ID-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasim Limpo mengatakan, Kementrian Pertanian telah menyiapkan 800 ribu dosis vaksin, meneruskan 3 juta dosis mengendalikan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pemberikan vaksinasi tidak hanya akan menyasar ke daerah dengan status zona merah tapi juga daerah zona kuning dan zona hijau. kasus PMK di Indonesia terdapat di 180 Kabupaten/kota.

"Khusus daerah merah, tidak boleh keluar hewan dalam keadaan hidup. ini sudah dipantau oleh gugus tugas kabupaten," kata Limpo saat berkunjung ke Peternakan Sapi Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah,  Sabtu 18 Juni 2022.

Kedatangan Mentan Limpo untuk memberikan vaksinasi kepada peternakan sapi Sukoharjo untuk mengatasi wabah PMK.

Limpo memberikan suntikan vaksinasi perdana sebanyak 28 ekor sapi milik gabungan kelompok tani di Desa Mertan di Sukoharjo.

BACA JUGA:50 Ternak Sapi di Rejang Lebong Terserang Wabah PMK

Pada tahap awal sebanyak 800.000 dosis vaksin siap disuntikan pada hewan ternak. Ia meneruskan 3 juta dosis juga sudah disiapkan oleh pemerintah  untuk mengendalikan wabak PMK. Limpo meneruskan jika pengendalian PMK harus diatasi dengan serius agar wabah PMK bisa cepat selesai.

"Pengendalain PMK harus dilakukan dengan serius dan berusaha sekuatnya-kuatnya agar  wabah PMK tereliminasi dan bahkan hilang di Indonesia," tuturnya.

BACA JUGA:316 Ternak Sapi Provinsi Banten Sembuh PMK

Di daerah Sukoharjo tercatat sebanyak 511 ekor ternak yang terjangkit wabah PMK. Hewan ternak ini tersebar di tujuh kecamatan, yakni Bendosari, Pojokarto, Mojolaban, Tawangsari, Weru, Grogol, dan Nguter.

Hal tersebut berdampak pada pasar di kabupaten Sukoharjo mengalami tutup sementara dengan tujuan pengendalian wabah PMK. "Penutupan pasar ini untuk mengawasi lalu lintas hewan," ungkapnya. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: