IPW Sebut Kombes Irwan Sebagai Penyingkap Tabir di Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Terhadap Mentan SYL: Dia Saksi Kunci!

IPW Sebut Kombes Irwan Sebagai Penyingkap Tabir di Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Terhadap Mentan SYL: Dia Saksi Kunci!

Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar hari ini diperiksa dalam dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.-Humas Polda Jateng-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso menilai Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar merupakan saksi kunci dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK yang menyeret nama eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Kombes Irwan Anwar adalah saksi kunci di dalam perkara dugaan pemerasan, gratifikasi yang disebutkan oleh SYL kepada pimpinan KPK yang menyeret nama F," kata Sugeng saat dihubungi, Senin, 9 Oktober 2023.

Menurutnya posisi Kombes Irwan Anwar ini sangat penting, di mana keterangannya bisa menjerat pimpinan KPK berinisial F itu.

BACA JUGA:Roy Suryo: Foto Pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Mentan Syahrul Yasin 100 Persen Asli

"Jadi posisi Kombes Irwan Anwar ini sangat penting. Dia bisa menjerat pimpinan KPK dengan keterangannya atau dia bisa kemudian menjadi martir menahan posisi nanti menjadi tersangka pada dirinya, oleh karena itu sangat strategis keterangan dari Kombes Irwan Anwar," ucapnya.

Oleh karena itu, kata Sugeng, pihak Polda Metro Jaya bisa memberikan perlindungan kepada Irwan.

Sugeng menilai kesaksian Kombes Irwan Anwar akan membuka kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Mentan SYL secara terang benderang.

"Kombes Irwan Anwar harus diberi perlindungan terkait dengan keterangannya yang sangat signifikan dan penting agar ia bisa membuka secara terang benderang kasus ini," ucapnya.

BACA JUGA:Kapolrestabes Semarang Terseret Kasus Dugaan Pemerasan Mentan Syahrul Yasin Limpo oleh Pimpinan KPK

"Oleh karena itu harus ada jaminan dari pihak Polda Metro Jaya bahwa Kombes Irwan Anwar ini dijadikan sebagai whistleblower (pelapor)," ungkap dia.

Sebelumnya, Kapolrestabes Semarang, Irwan Anwar terseret kasus dugaan pemerasan Mentan Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan Iwan diperiksa sebagai saksi.

"Benar (Irwan) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan," katanya kepada awak media, Minggu 8 Oktober 2023.

BACA JUGA:Eks Penyidik KPK Yakini Firli Bahuri Lakukan Pemerasan Pada Mentan Syahrul Yasin Limpo: Seperti Hukum Rimba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: