Gitar Favorit Kurt Cobain akan Dilelang, Diperkirakan Laku Rp 11 Miliar

Gitar Favorit Kurt Cobain akan Dilelang, Diperkirakan Laku Rp 11 Miliar

Kurt Cobain saat memainkan Gitar favoritnya dalam video klip Smell Like Teen Spirit.-Youtube-

DISWAY.ID-Gitar favorit milik vokalis Nirvana, Kurt Cobain akan dilelang bulan depan oleh Julien Autions.

Melansir Forbes Selasa 12 April 2022, gitar tersebut dimainkan Kurt Cobain dalam video musik 'Smells Like Teen Spirit'.

Rencananya, gitar tersebut diperkirakan laku terjual seharga 800.000 USD atau setara Rp 11.488.000.000 dengan kurs dollar terhadap rupiah hari ini, Rp 14.360.

Dalam video Smells Like Teen Spirit, Cobain yang kidal memainkan gitar Fender Mustang  1969 miliknya dengan warna biru Competition Lake Placid dengan headstock yang serasi.

Sebelum bunuh diri pada April 1994, Cobain mengatakan kepada Guitar World dalam wawancara Februari 1992, Fender Mustang  adalah favoritnya "dari semua gitar di seluruh dunia," dan dia memiliki dua.

Kepemilikan gitar tersebut ada pada keluarga Cobain, namun selama 12 tahun terakhir telah dipinjamkan dan dipajang di Museum Budaya Pop di Seattle, kampung halamannya.

Lelang akan diadakan pada bulan Mei, yang bertepatan dengan bulan Kesadaran Kesehatan Mental.

Dan sebagian dari hasil penjualan gitar dan memorabilia Cobain lainnya akan disumbangkan ke badan amal yang meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental yang dipilih oleh keluarga penyanyi.

Video "Smells Like Teen Spirit", yang menunjukkan semangat sekolah menengah yang berkembang menjadi mosh pit yang kacau, dirilis di MTV pada 29 September 1991, dan popularitasnya membantu mendorong album Nevermind untuk disertifikasi sebagai emas lima minggu kemudian.

Sumber: