Mantan Gubernur Sumbar Tuding Gus Miftah Kelewatan Gak Ngertinya

Mantan Gubernur Sumbar Tuding Gus Miftah Kelewatan Gak Ngertinya

Gamawan Fauzi.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mantan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Gamawan Fauzi mengingatkan orang tidak asal komentar dengan mempertanyakan agama rendang. 

Meski tidak menyebut langsung nama Gus Miftah, Gamawan sepertinya merespon pertanyaan yang dilontarkan ustadz bernama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman tersebut.  

Pasalnya, Gus Miftah sebelumnya melalui postingan instgramnya mempertanyakan "sejak kapan rendang punya agama?".

BACA JUGA:PBNU Gelar Religion 20, Pemimpin-Pemimpin Agama di Dunia Bakal Diundang

Sedianya pertanyaan Gus Miftah itu untuk menjernihkan polemik restoran 'Babiambo' di Jakarta yang diprotes dan membuat emosi sejumlah kalangan hingga menimbulkan kegaduhan.

Restoran Babiambo yang sebenarnya sudah lama tutup itu, salah satu menunya yaitu rendang daging babi.

Gamawan menuding Gus Miftah yang mempertanyakan agama rendang itu, sama halnya melontarkan pertanyaan 'dungu' dan tidak subtansial yang dipermasalahkan masyarakat Minang.  

"Oleh karenanya, kalau ada yang seorang ahli agama mempertanyakan sejak kapan rendang punya agama, maka itu pertanyaan yang amat dungu, bahasa pasar di Minangkabau disebut dengan istilah 'ongok raya', atau kelewatan gak ngertinya," kata Gubernur Sumbar 2005-2009 ini dalam sebuah tulisannya.

BACA JUGA:Fakta Petani Renta Dapat Upah Uang Mainan Diungkap Polisi, Ternyata Ini Motifnya

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 2009-2014 itu menengarai pertanyaan semacam itu justru bisa menyakitkan masyarakat. 

"Sebagai makhluk berakal, saya sarankan Anda sebaiknya banyak membaca dan belajar sebelum bicara. Jangan asal berkomentar bila tak paham. Apalagi sekadar ingin berbeda/membelintang," imbuhnya meski tidak menyebut langsung nama Gus Miftah.

Gamawan menilai polemik rendang berbahan non halal yang dijual di Jakarta itu telah melebar kemana-mana seiring beberapa komentar para tokoh, ahli hingga ulama.

BACA JUGA:Viral Gadis asal Yogyakarta Bergaji Rp 2,6 Miliar, Dapat Beasiswa Penuh Saat Kuliah di New York University

Gamawan Fauzi pun menyinggung seorang bergelar Gus yang mempertanyakan "sejak kapan rendang punya agama?" tersebut.

Sumber: