Pria Usia 101 Tahun Ini Dituntut 5 Tahun Penjara karena Terlibat Holocaust Nazi

Pria Usia 101 Tahun Ini Dituntut 5 Tahun Penjara karena Terlibat Holocaust Nazi

Josef Schuetz diadili karena keterlibatannya dalam kejahatan perang selama Holocaust.-Tangkapan layar-Aljazeera/Youtube

JERMAN, DISWAY.ID-Pengadilan Jerman  menjatuhkan hukuman 5 tahun penjara kepada seorang mantan penjaga kamp konsentrasi Nazi berusia 101 tahun bernama Josef Schuetz. Josef Schuetz diadili karena keterlibatannya dalam kejahatan perang selama Holocaust

Hakim Ketua Udo Lechtermann di Pengadilan Regional Neuruppin mengatakan, Josef Schuetz dinyatakan bersalah menjadi pendukung pembunuhan saat bekerja sebagai penjaga penjara di kamp Sachsenhausen di Oranienburg, utara Berlin antara tahun 1942 dan 1945.

Pensiunan yang sekarang tinggal di negara bagian Brandenburg, telah mengaku tidak bersalah, dengan mengatakan bahwa dia "sama sekali tidak melakukan apa-apa" dan tidak menyadari kejahatan mengerikan yang dilakukan di kamp tersebut.

BACA JUGA:Penyanyi 'I Believe I Can Fly' R.Kelly Vonis Bui 30 Tahun Pelecehan Seksual Anak, Ini Kesaksian Korban

“Saya tidak tahu kenapa saya ada di sini,” katanya di akhir persidangan, Selasa 28 Juni 2022.

Tetapi jaksa yang menuntutnya 5 tahun penjara mengatakan dia “dengan sadar dan sukarela” berpartisipasi dalam pembunuhan 3.518 tahanan di kamp.

Dalam persidangan, yang dibuka pada Oktober tahun lalu, Schuetz mengatakan bahwa dia telah bekerja sebagai buruh tani di dekat Pasewalk di timur laut Jerman selama periode yang bersangkutan.

Namun, pengadilan menganggapnya terbukti bahwa dia bekerja di kamp di pinggiran Berlin antara tahun 1942 dan 1945 sebagai anggota tamtama sayap paramiliter Partai Nazi, kantor berita Jerman DPA melaporkan. Dia berusia 21 tahun saat itu.

Terlepas dari kasusnya, mengingat usianya, beberapa orang menganggap dia sangat tidak mungkin dipenjara. Jaksa mendasarkan kasus mereka pada dokumen yang berkaitan dengan penjaga SS dengan nama pria, tanggal dan tempat lahir, serta dokumen lainnya.

Putusan hari Selasa bergantung pada preseden hukum baru-baru ini di Jerman yang menetapkan bahwa siapa pun yang membantu fungsi kamp Nazi dapat dituntut karena ikut serta dalam pembunuhan yang dilakukan di sana untuk membawa pelaku Nazi terakhir yang masih hidup ke pengadilan.

Untuk alasan organisasi, persidangan diadakan di gimnasium di Brandenburg/Havel, tempat tinggal pria berusia 101 tahun itu.  Pria itu hanya cocok untuk diadili sampai batas tertentu dan hanya dapat berpartisipasi dalam persidangan selama sekitar dua setengah jam setiap hari. Sidang dihentikan beberapa kali karena alasan kesehatan dan perawatan di rumah sakit.

Pengacara Schuetz, Stefan Waterkamp, ​​mengatakan kepada kantor berita AFP menjelang putusan bahwa jika terbukti bersalah, dia akan mengajukan banding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aljazeera