Reaksi Tegas Akademisi NU Soal Kapitan Pattimura Beragama Islam, Klaim Ustaz Adi Hidayat Terbantahkan?

Reaksi Tegas Akademisi NU Soal Kapitan Pattimura Beragama Islam, Klaim Ustaz Adi Hidayat Terbantahkan?

Ternyata tidak hanya Ustaz Adi Hidayat yang mengungkapkan bahwa nama Pattimura adalah Ahmad Lussy, namun penulis Matthijs Sapija juga ungkap hal yang sama.--Twittter/@yaniarsim

JAKARTA, DISWAY.ID - KH. Ahmad Sahal yang merupakan salah satu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dan akademisi Nahdlatul Ulama (NU) berikan tanggapan soal klaim agama Kapitan Pattimura.

Belakangan ini nama asli sosok Kapitan Pattimura dan agamanya tengah jadi perdebatan usai pendakwah Ustaz Adi Hidayat membahasnya. Dalam ceramah lawas Ustaz Adi Hidayat, nama Kapitan Pattimura yang asli yang kita kenal selama ini sudah keliru.

Ustaz Adi Hidayat mengungkapkan, nama Kapitan Pattimura yang biasa dikenal Thomas Matulessy, ternyata bernama Ahmad Lussy. Dalam keterangannya, Ustaz Adi Hidayat yang biasa disapa UAH ini mempertegas jika ada sebuah kekeliruan.

"Dulu pernah liat uang 1.000? Di uang 1.000 itu ada 1 gambar namanya siapa? Kapitan Pattimura siapa nama aslinya? Thomas Matulessy. Tuh bayangkan," ujar Ustaz Adi Hidayat dalam video yang beredar.

BACA JUGA:Ada Perbedaan Idul Adha, Ustaz Syafiq Basalamah Tegaskan Keutamaan Puasa Arafah: Kita Mendapatkan...

"Saya mau tanya pada Anda, siapa yang mempermainkan sejarah kita sehingga bangsa-bangsa sekarang anak cucunya tidak paham tentang para pejuangnya di masa lalu," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Ustad Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa Ahmad Lussy adalah seorang pejuang yang memiliki latar belakang seorang kiai.

"Beliau adalah seorang pemimpin pesantren. Beliau arahkan anak-anak santrinya untuk berjuang menegakkan kebenaran di bumi pertiwi ini," katanya lagi.

BACA JUGA:Alasan Kuat Ustaz Syafiq Basalamah Ikut Puasa Arafah di Indonesia Dibanding Arab Saudi: Jadi Penentuannya...

"Saya mau katakan bahwa kalau disebutkan Thomas orang tidak tahu bahwa orang ini dekat dengan Allah SWT. Orang ini berasal dari pesantren. Makanya dibuang nama-nama itu seperti Barat dulu pernah melakukannya," katanya lagi.

Menyikapi hal ini, KH. Ahmad Sahal berikan tanggapan menohok di akun Twitter pribadinya @sahaladlil, yang diunggah pada 4 Juli 2022.

Akhmad Salah juga menyinggung soal Napoleon, Gajah Mada, Candi Borobudur dan yang terbaru Pattimura yang diklaim beragama Islam

BACA JUGA: Ini Pendapat Kuat Ustaz Syafiq Basalamah Soal Puasa Arafah Ikut Arab atau Indonesia: Yang jadi Masalah...

"Othak athik gathuk kayak gini justru bikin citra Islam jadi konyol dan malu2in," ujar Akhmad Sahal.

Sumber: