Ini Bagian Daging Kambing yang Disukai Nabi Muhammad, Selain Enak Baik Juga untuk Kesehatan

Ini Bagian Daging Kambing yang Disukai Nabi Muhammad, Selain Enak Baik Juga untuk Kesehatan

Ilustrasi/ Hewan kurban kambing-Bailey Mahon-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Aswaja NU Center, Kiai Ma’ruf Khozin menyebutkan, mengenai bagian-bagian dari hewan kurban yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Timidzi, dari Abu Hurairah mengatakan Rasulullah SAW disuguhi daging, kemudian Nabi diambilkan pergelangan dan Nabi menyukainya.

"Berdasarkan hadis Nabi, bagian tersebut merupakan yang sangat sehat untuk dikonsumsi," kata Kiai Ma’ruf.

"Hal ini dikarenakan jumlah kolesterol sebesar 70 mg, yang dianjurkan itu memang daging, dan bagian jeroan sebaiknya tidak untuk dikonsumsi," sambungnya. 

BACA JUGA:Kiai Ma’ruf Khozin Tegas Melarang Menjual Daging Kurban, Seperti Ini Hukumnya

BACA JUGA:Berkurban Tapi Belum Akikah Apakah Sah? Simak Penjelasan dari Ustadz Abdul Somad

Berdasarkan sejumlah sumber, salah satunya hidayatullah.com, menyebutkan bahwa bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menyukai daging kambing, terutama bagian lengan dari daging seekor kambing

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam suka memakan daging kambing, terutama bahagian lengan dari daging seekor kambing. 

Abu Hurairah r.a. berkata: “Suatu ketika dihidangkan ke hadapan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam semangkuk bubur dan daging. Maka beliau mengambil bahagian lengan (dari daging tersebut), dan bahagian itulah yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam.” (HR. Muslim)

Selain  itu Nabi Muhammad Saw juga menyenangi memakan bagian paha dari daging kambing. 

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu atau paha) diberikan kepada Beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukainya, maka beliau menggigit daging itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Masih berdasarkan tulisan di hidayatullah.com, para ulama terdahulu juga memberikan pendapat tentang keutamaan mengambil daging. Diantaranya :

BACA JUGA:Bolehkah yang Berkurban Memakan Daging Kurban? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Qadhi Iyadh berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassallam gemar mengambil daging bahagian lengan disebabkan oleh kematangannya, aroma yang wangi, rasa yang lazat, manis dan jauh dari tempat-tempat yang berbahaya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: