Festival Desa Wisata Cikolelet Akan Hadirkan Tradisi Tangkap Ikan 'Ngagurah Dano'

Festival Desa Wisata Cikolelet Akan Hadirkan Tradisi Tangkap Ikan 'Ngagurah Dano'

NGAGURAH DANO: Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama warga ngagurah dano di Sungai Cidanau pada 2018.-Dok/Radar Banten-

SERANG, DISWAY.ID-Desa Wisata Cikolelet, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang akan menggelar festival Desa Wisata Cikolelet (FDWC) pada Agustus nanti.

Salah satu yang dinanti dalam festival tersebut yaitu acara Ngagurah Dano. Pengelola Desa Wisata Cikolelet Ojat Darojat mengatakan , ada tiga agenda besar yang akan digelar pada FDWC. Yakni, parade band, Ngagurah Dano, dan Komunitas Trail Cikolelet (KTC). “Ngagurah Dano akan digelar pada 14 Agustus, motor trail 27 Agustus,” ujarnya, Kamis 7 Juli 2022.

Ia menjelaskan, Ngagurah Dano merupakan tradisi menangkap ikan di aliran Cidanau. Masyarakat akan berbondong-bondong mencari ikan dengan turun ke dasar danau menggunakan alat tangkap tradisional.

BACA JUGA:Dieng Membeku, Dataran Tingginya Diselimuti Embun Es Mirip di Pegunungan Jayapura Papua

Kemudian, pada event trail pihaknya menargetkan akan mendatangkan 1.000 peserta. Saat ini, sudah ada lebih dari 500 peserta yang mendaftar dari berbagai daerah.

Ojat mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan jalur untuk event KTC sepanjang 10 kilometer. Jalur tersebut akan melewati pegunungan, rawa, hingga melewati perairan.

“Ada jalur lama yang sudah disiapkan, kemudian kita juga menambah untuk jalur baru,” ujarnya.

BACA JUGA:Ayu Ting Ting Dilaporkan ke Polisi, 3 Orang Tewas Tenggak Miras Oplosan di Karaoke ATT

Selain itu, selama event FDWC, pihaknya juga akan menggelar lomba tradisional. Seperti enggrang, gatrik, jejangkungan, congklak, dan permainan tradisional lainnya.

Dikatakan Ojat, FDWC digelar dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Serang khususnya ke Desa Wisata Cikolelet.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasada mengatakan, pihaknya mendukung penuh event tersebut.

Menurutnya, event itu akan mendongkrak kunjungan wisata di Kabupaten Serang khususnya Desa Wisata. “Ini program yang sangat bagus, tentu akan kami support,” ujarnya. 

Festival Desa Wisata Cikolelet (FDWC) akan digelar di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka. Festival ini merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata.(RadarBanten)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: