Perusahaan Karet di Ketahun Bengkulu Diamuk Warga

Perusahaan Karet di Ketahun Bengkulu Diamuk Warga

Warga berkumpul di kantor PT Pamor Ganda--

BENGKULU, DISWAY.ID-Perusahaan karet di Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara, PT Pamor Ganda diamuk warga Pasar Ketahun, Kamis 14 Juli 2022. 

Massa yang diperkirakan ratusan orang warga itu menghancurkan perkantoran milik Perusahaan. Warga datang mendadak dan langsung menghancurkan kantor.

Massa tak hanya diikuti oleh laki-laki namun juga ibu-ibu yang meluapkan emosinya dengan melempari kaca kantor perusahaan dengan batu. 

BACA JUGA:Diborgol, Sekda Bengkulu Tengah Ditetapkan Tersangka Korupsi RDTR 2013

Mengutip rakyatbengkulu.disway.id, keributan ini lantaran protes warga soal dugaan adanya lahan di luar HGU yang juga digarap oleh perusahaan.

Penggarapan lahan itu dalam rangka peremajaan tanaman karet milik perusahaan. Warga menduga ada sekitar 800 hektare lahan yang bukan milik perusahaan. 

Sedangkan sebelumnya warga sudah melakukan protes ke Gubernur dan sudah ada perintah Gubernur melakukan pengukuran lebih dulu sebelum perusahaan beraktivitas.

Namun, hingga Kamis 14 Juli 2022, warga melihat bagian lahan yang masih dalam sengketa tersebut sudah ditanami. 

Pengamanan TNI maupun Polri tak mampu meredam amuk massa karena kalah jumlah. 

Kapolres Bengkulu Utara, AKBP. Andy P Wardhana, S.IK, MM melalui Kabag Ops AKP. Jery A Nainggolan, S.IK menuturkan, polisi masih menuju ke lokasi.

Namun sejauh ini info yang didapatkan hingga berita ini diturunkan belum ada korban jiwa lantaran saat kejadian karyawan sudah lebih dulu pulang. 

“Kita masih menuju lokasi dan akan melakukan pengamanan serta menentukan langkah yang akan diambil,” pungkas Kabag Ops.

PT Pamor Ganda diketahui sebagai perusahaan yang bergerak di industri karet remah. PT Pamor Ganda juga tercatat sebagai perusahaan yang mendapat rapot merah penilaian Proper Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) periode 2021-2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: