KTN di Bansari Temanggung Diresmikan, Dorong Eks Narapidana Terorisme jadi Petani Kopi

KTN di Bansari Temanggung Diresmikan, Dorong Eks Narapidana Terorisme jadi Petani Kopi

WARUNG NKRI. Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar saat berada di warung NKRI di Embung Bansari Kecamatan Bansari, Rabu (27/7).(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, DISWAY.ID-- Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Embung Bansari Desa, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, diresmikan, Rabu 27 Juli 2022.

Peresmian KTN di Embung Bansari Desa tersebut dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar. 

KTN di tempat ini merupakan bagian dari 5 provinsi di Indonesia yang akan dijadikan daerah percontohan KTN dengan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme (mitra deradikalisasi).

BACA JUGA:Kemenag Susun Buku Ensiklopedia Metode Pembelajaran Al Qur`an

"Soft opening dan peresmian untuk KTN di lima provinsi sudah dilakukan," ujar Boy Rafli Amar.

Ia menyebutkan, kelima provinsi percontohan KTN tersebut yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat dan Jawa Tengah.

Lima provinisi ini dipilih karena sesuai dengan konsep yang ada dalam KTN. 

Disebutkan, ada tiga konsep yang diterapkan dalam KTN yakni, ekonomi, edukasi dan tourisme.

Sedangkan KTN di Bansari ini sudah memenuhi ketiga aspek tersebut, Embung Bansari menjadi salah satu objek wisata yang menarik bagi masyarakat. 

"DI Temanggung Bansari menjadi salah satu objek wisata tujuan, tiga aspek itu sudah ada di Bansari," terangnya.     

BACA JUGA:Cicak Kering Diekspor ke Tiongkok Rp 380 Ribu per Kg, Mau Dibuat Apa?

Ia menegaskan, BNPT semakin serius mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme (mitra deradikalisasi).

Kali ini BNPT bersama dengan Pemkab Temanggung serta mitra lainnya meresmikan KTN di Sidempul dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Desa Bansari, Kabupaten Temanggung.

KTN seluas 10 hektar di kaki Gunung Sindoro ini akan dimanfaatkan untuk program reintegrasi sosial bagi Mitra Deradikalisasi BNPT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: