5 Langkah Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik, Simak Baik-baik

5 Langkah Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik, Simak Baik-baik

Asam lambung. (image oleh natural herbs clinic dari pixabay)--

JAKARTA, DISWAY.ID - Pertolongan pertama saat asam lambung naik tentu sangat penting. Pasalnya ketika asam lambung naik maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Terlebih lagi keadaan seseorang yang alami asam lambung naik akan semakin memburuk jika tidak segera ditangani.

Jadi perlu diketahui, ada berbagai cara dalam lakukan pertolongan pertama saat asam lambun naik.

BACA JUGA:Saksi Nathalie Beberkan Bukti Sering Cekcok, Pihak Sule Tak Menyangkal

Hal ini bisa dilakukan saat asam lambung anda naik tapi tidak memiliki obat-obatan. Berikut 5 langkah pertolongan pertamanya:

1. Melonggarkan pakaian yang dikenakan

Saat asam lambung naik, Anda dianjurkan untuk mengendurkan ikat pinggang atau melepas kancing celana yang digunakan. Ini karena salah satu pemicu asam lambung naik adalah tekanan pada perut akibat dari penggunaan pakaian atau celana yang terlalu ketat.

2. Menegakkan posisi duduk

Jika asam lambung naik saat Anda sedang berbaring, cobalah untuk segera bangun dan duduk tegak. Postur tubuh yang tegak bisa mengurangi tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung, sehingga menghentikan naiknya asam lambung

BACA JUGA:Misteri Keberadaan Baju dan HP Brigadir J Terjawab, Kenapa Baru Diungkapkan Sekarang?

3. Meninggikan posisi kepala

Apabila naiknya asam lambung terjadi saat malam atau saat waktu tidur tiba, tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Bila perlu, sangga bagian pinggang dengan bantal agar posisi tidur membentuk sudut 30–45 derajat. Posisi tidur seperti ini bisa meringankan keluhan asam lambung naik.

4. Mengonsumsi minuman yang mengandung jahe

Pertolongan pertama asam lambung naik selanjutnya adalah mengonsumsi minuman jahe. Jahe diketahui mengandung asam fenolik yang diduga mampu meredakan iritasi pada saluran cerna dan mencegah naiknya asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: