Terbesar se-Indonesia, Polda Jateng Sumbang Rp 27 Miliar untuk Kas Negara dari Tilang ETLE

Terbesar se-Indonesia, Polda Jateng Sumbang Rp 27 Miliar untuk Kas Negara dari Tilang ETLE

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi-Istimewa/Humas Polda Jateng-

SEMARANG, DISWAY.ID-Pada kesempatan peringatan HUT Lalulintas Bhayangkara ke-67, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan pihaknya telah melakukan penindakan tilang melalui ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) terbanyak di Indonesia.

Kapolda memaparkan sejumlah fakta termasuk hasil penanganan pelanggaran lalu lintas melalui ETLE di Jawa Tengah, pihaknya mencatat pelanggaran lalu lintas yang tercatat melalui ETLE selama Januari hingga Agustus 2022 mencapai 636.764 pelanggaran.

"Dari pelanggaran ETLE itu, jumlahnya terbesar di seluruh Polda di Indonesia dan dendanya yang masuk kas negara mencapai lebih dari Rp 27 miliar," ujar Irjen Ahmad dalam keterangan resminya, Senin 19 September 2022.

Irjen Ahmad juga mengungkapkan, Polda Jateng kini sudah memiliki 21 kamera statis 602  kamera mobile dan 7 kamera speed.

Menurut Kapolda Jateng, dari  636.764 pelanggar yang tertangkap kamera kemudian divalidasi menjadi 479.412, yang 470.768 telah dikirimi surat dan yang konfirmasi sejumlah 241.158.

Ia pun menuturkan, dengan adanya penindakan melalui ETLE ini, diharap dapat memberikan efek jera bagi masyarakat untuk tidak mencoba melanggar hukum di Jawa Tengah.

BACA JUGA:ETLE CCTV Sumatera Utara Rekam 12 Ribu Pelanggaran Selama Sehari

BACA JUGA:Satlantas Surabaya Mulai Tindak Pelanggar Lalu Lintas dengan ETLE Mobile

"Masyarakat kita dididik untuk tidak melakukan pelanggaran, meskipun tanpa ada petugas kepolisian didekatnya.  Karena saat ini, anggota kita dibekali dengan kamera-kamera yang setiap saat bisa meng- capture setiap pelanggaran lalu lintas" himbau Irjen Ahmad.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryonugroho menambahkan dengan penegakan hukum ini diharapkan masyarakat tertib dengan sendirinya sehingga fatalitas kecelakaan bisa berkurang.

"Ini bukan semata-mata penegakan hukum saja, yang terpenting Direktorat Lalu Lintas menjamin keselamatan pengguna jalan," tukas Kombes Agus.

BACA JUGA:Kamera ETLE Tokcer, Balap Liar Mobil di Senayan Berujung 3 Pelaku dan Mobil Diamankan Polisi

BACA JUGA:Tilang Manual Ditiadakan Ganti ETLE dan Mobile, Operasi Patuh 2022 Digelar Pekan Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: