Jokowi Ketahuan Tak Salami Kapolri di HUT TNI, Mirip Momen Lawas Megawati-Surya Paloh?

Jokowi Ketahuan Tak Salami Kapolri di HUT TNI, Mirip Momen Lawas Megawati-Surya Paloh?

Joko Widodo (Jokowi) kedapatan tidak menyalami Kapolri Listyo Sigit Prabowo--Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kedapatan tidak menyalami Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat perayaan HUT TNI ke-77 di Istana Negara.

Momen Presiden Jokowi tak menyalami Kapolri tersebut terlihat dalam unggahan kanal YouTube Sekretariat Presiden, diunggah pada Rabu 5 Oktober 2022.

Setelah diamati, terlihat Kapolri Listyo Sigit berdiri sejajar dengan Panglima TNI, KSAD, KSAU, dan KSAL. Kemudian, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin datang dan mulai bersalaman.

BACA JUGA:Wagub Ahmad Riza Patria: Sumur Resapan Manfaat Positif Tangani Banjir

Awalnya Jokowi menyalami Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Namun Jokowi tidak menyalami Kapolri, padahal Jenderal Listyo Sigit berdiri tepat di sebelah Jenderal Andika Perkasa.

Jokowi pun langsung menyalami KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan istri, kemudian menyalami KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Banyak warganet yang menyoroti aksi Jokowi tidak menyalami Kapolri ini seperti insiden Megawati dan Surya Paloh saat pelantikan anggota DPR 2019-2024.

Kala itu Megawati hadir dalam pelantikan dan menyalami sejumlah tokoh politikus mulai dari Plt Ketua DPD Golkar Jakarta Rizal Mallarangeng hingga Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa.

BACA JUGA:Mantan Polisi Tembak Istri dan Anaknya Serta 34 Korban Lainnya di Thailand, Bunuh Diri Setelah Lakukan Aksinya

Di tengah-tengah momen salaman, Megawati yang melihat Surya Paloh langsung membuang wajah dan tidak menyodokan tangannya untuk bersalaman. Namun Megawati kembali melanjutkan salamannya dengan tokoh lainnya.

Tanggapan Kepala Sekretariat Presiden

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi perihal sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Menurut Heru, tidak ada penyebab khusus presiden tidak bersalaman dengan Kapolri usai upacara.

"Enggak ada masalah. Kan di mimbar utama sebelum upacara semua sudah disalamin dan kan yang di vidio itu Pak Presiden menyapa Pak Kapolri (berbicara)," kata Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: