Singgung Soal Capres, Ganjar Pranowo Bereaksi Usai Kena Sanksi PDIP: Semua Mesti Siap

Singgung Soal Capres, Ganjar Pranowo Bereaksi Usai Kena Sanksi PDIP: Semua Mesti Siap

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-AJI BUSTOMI UNTUK RADARMAS-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berikan pernyataan usai terkena sanksi lisan dari PDIP terkait pernyataan soal calon presiden (capres).

Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa semua kader PDI Perjuangan (PDIP) harus siap menjadi calon presiden (capres).

“Saya orang diklat. Semua kader mesti siap apapun,” kata Ganjar kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 24 Oktober 2022.

Kendati begitu, Ganjar Pranowo ungkapkan jika keputusan penentuan capres dari partai berlambang kepala banteng itu dalam Pemilu 2024 tetap berada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA:Irjen Teddy Minahasa Resmi Ditahan di Polda Metro Jaya, Hotman Paris: Patsus Sudah Selesai

“Tapi, keputusan ada di Ketua Umum dan itu adalah keputusan kongres yang semua kader harus ikut,” tegas Ganjar.

Sebelumnya, Ganjar memberikan sinyal siap untuk menjadi capres pada Pemilu 2024. Demi kepentingan bangsa dan negara, ia menyatakan siap menjadi capres. Hal itu disampaikan Ganjar dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta.

Atas pernyataan itu, Ganjar dipanggil oleh PDI Perjuangan untuk melakukan klarifikasi di Kantor DPP PDIP. 

BACA JUGA:Putri Candrawathi Dituding jadi Otak Pembunuhan Brigadir J, Febri Diansyah 'Sentil' Kamaruddin: Jangan Dinodai

Setelah melakukan klarifikasi, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun menyampaikan PDIP menjatuhkan sanksi berupa teguran lisan kepada Ganjar Pranowo terkait dengan pernyataannya tersebut.

"Supaya keadilan di partai itu ditegakkan pada seluruh anggota partai dari Sabang sampai Merauke, maka tadi kami sampaikan jatuhkan sanksi teguran lisan pada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader," tutur Komarudin.

Lebih lanjut, Komarudin mengatakan, meskipun tindakan Ganjar itu tidak melanggar aturan dasar (AD/ART) partai, pernyataan mengenai siap menjadi capres tersebut menimbulkan multitafsir di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Berkas 6 Tersangka Kasus Kanjuruhan Seger Dilimpahkan ke Kejaksaan

Di samping itu, tambah dia, sanksi teguran lisan juga diberikan pada Ganjar karena ia merupakan kader senior yang sudah sepatutnya lebih menegakkan disiplin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: