6 Manfaat Jamu yang Tak Banyak Orang Tahu

6 Manfaat Jamu yang Tak Banyak Orang Tahu

Jamu memiliki banyak manfaat yang tak banyak orang tahu. -Facebook-

JAKARTA, DISWAY.ID - Jamu adalah minuman tradisional menyehatkan khas Indonesia yang bahannya menggunakan campuran rempah-rempah. Indonesia merupakan negara yang dikenal sebagai apotek hidup terbesar di dunia, sehingga tak heran jika banyak tumbuhan rempah yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Mengonsumsi jamu hingga kini masih banyak dilakukan karena berkhasiat dalam mencegah datangnya penyakit, mampu meredakan penyakit tertentu, menghilangkan rasa capek, serta segudang manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh hingga kecantikan. Untungnya, langkah membuat jamu rumahan sangat mudah dilakukan, sehingga bisa dikonsumsi secara rutin.

Jenis-jenis jamu yang populer dikonsumsi, antara lain temulawak, kunir asem, temu ireng sambiloto, wedang jahe, dan lain-lain yang masing-masing punya manfaat baik untuk tubuh. Inilah manfaat jamu untuk kesehatan maupun kecantikan yang belum banyak orang mengetahuinya.

1. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Masalah kehilangan nafsu makan kerap kali dialami oleh banyak orang, termasuk anak kecil. Sejak zaman dahulu hingga kini, masih banyak orang tua memberikan minuman tradisional agar buah hatinya semakin lahap saat makan. Beberapa jenis jamu bermanfaat untuk membantu meningkatkan nafsu makan, contohnya temulawak dan beras kencur yang memiliki rasa cenderung manis.

Jamu temulawak mengandung senyawa kurkumin, selulosa, serta protein yang punya manfaat baik bagi kesehatan saluran cerna. Rasanya pun tidak pahit seperti jenis jamu brotowali ataupun temu ireng, jadi tak heran jika anak-anak pun menyukainya. Selain temulawak, beras kencur pun mampu mengatasi masalah pencernaan sekaligus membuat nafsu makan meningkat.

Rutin mengkonsumsi jamu penambah nafsu makan dapat mengatasi masalah susah memiliki badan berisi. Tak hanya itu, ketika meminum ramuan tradisional seperti temulawak, beras kencur, dan lainnya juga membantu penyerapan nutrisi dari makanan jadi lebih maksimal.

2. Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Menjaga kadar gula darah agar tetap normal penting sekali dilakukan, sebab jika tidak normal dapat menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan. Apabila kadar gula dalam darah rendah (kurang dari 70 mg/dL), menyebabkan seseorang merasa mudah lapar, kehilangan keseimbangan, dan susah fokus karena berhubungan langsung dengan kinerja otak. Sedangkan jika kadar gula darah tinggi menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, serta masalah buang air kecil (lebih dari 180 mg/dL).

Cara mengontrol gula darah secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi, buah-buahan, maupun minum jamu tradisional. Jenis jamu untuk mengontrol kadar gula darah salah satunya adalah brotowali, ramuan tradisional asal Indonesia yang berwarna hitam dan rasanya pahit.

Meskipun rasanya tak senikmat beras kencur, temulawak, ataupun kunyit asam, manfaat jamu yang terbuat dari brotowali memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya mencegah seseorang terkena penyakit diabetes melitus karena fungsinya menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara membuat jamu brotowali atau paitan pun sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun brotowali dan batangnya, kemudian direbus hingga susut dan sarinya keluar. Air rebusan tersebut bisa langsung dikonsumsi setelah didinginkan beberapa saat. Tambahkan madu untuk menetralisir rasa pahitnya.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh serta Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: