Harga Kedelai Kembali Alami Kenaikan, Mendag: Harga Semua Pangan Relatif Stabil

Harga Kedelai Kembali Alami Kenaikan, Mendag: Harga Semua Pangan Relatif Stabil

Kemendag, Zulkifli Hasan saat memantau ketersediaan beras dan stabilisasi harga di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjelaskan semua harga bahan pangan relatif terkendali. 

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan saat memantau ketersediaan beras dan stabilisasi harga di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

Akan tetapi menurut Mendag harga kedelai kembali amlami kenaikan.

"Harga bahan pokok yang lain, bahkan kalau di Makassar itu harganya terlalu murah. Harga cabainya Rp 15 ribu saya kasian kalau terlalu murah nanti petaninya gulung tikar. Ayam juga murah sekali di sana Rp 30 ribu. Banting-banting harga itu ya karena stoknya banyak. Rp 30 ribu itu juga peternak ayamnya rugi. Telur Rp 26 ribu, bawang Rp 30 ribu. Jadi harga-harga semua terkendali, tidak ada kenaikan. Kecuali satu, yaitu kedelai," katanya kepada awak media.

BACA JUGA:Antrean Sampai 50 Ribu Orang, Tiket Konser 'Tunggu Aku di Jakarta' Sheila On 7 Auto Ludes dalam Hitungan Menit

"Memang kedelai ini belinya waktu yang ada sekarang itu dikirim bulan Agustus, bulan Juli harga tinggi memang. Oleh karena itu sekarang mungkin sekarang Rp 13 ribu lebih," tambahnya.

Sementara, data dari laman ews.kemendag.go.id atau Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok menyoroti kenaikan harga pada beras medium.

Dalam laman tersebut, tertera harga beras perkilogram untuk harga konsumen Rp 10.900. Namun, jika dibandingkan dengan satu bulan yang lalu, harga tersebut telah mengalami kenaikan sebanyak 0.93 persen.

BACA JUGA:Soal Rekening Yosua, Pengacara Richard Berharap Didatangkan Saksi Bank BNI

BACA JUGA:Viral! Ibu-Ibu Kerudung Merah Lempar Kursi ke Dancer K-Pop yang Sedang Tampil, Reaksi Dancer Tuai Pujian

Sedangkan untuk ketersediaan beras di Indonesia saat ini disebut Menteri Perdagangan (Mendag) relatif aman dan tercukupi.

Mendag, Zulkifli Hasan mengatakan hal tersebut saat dirinya memantau ketersediaan beras dan stabilisasi harga di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin 7 November.

Dalam pemantauan tersebut, turut hadir Penjabat Gubernur, Heru Budi Hartono,  Badan Pangan Nasional, Kepala Satgas Pangan Polri, Direktur Utama Food Station, Direktur Utama RNI, Wali Kota Jakarta Timur dan Holding Pangan BUMN. 

"Saudara bisa saksikan, jadi apa yang kita sampaikan sesuai fakta karena bisa saksikan disini, beras aman, banyak," katanya kepada awak media.

Sumber: