150 Ribu Lulusan SMA Sederajat Punya Peluang Kerja di KIT Batang

150 Ribu Lulusan SMA Sederajat Punya Peluang Kerja di KIT Batang

emkab Batang saat menggelar Focus Group Discussion terkait KITB Batang dan Peluang serta Tantangan Generasi Muda Kabupaten Batang, di Aula Pemkab Batang, Rabu 9 November 2022.-Novia Rachmawati/Radar Pekalongan-

BATANG, DISWAY.ID-- Sebanyak 150 ribuan lulusan SMA/SMK Sederajat bakal punya peluang kerja di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

Lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK Sederajat tersebut bakal tersedia di KIT Batang, di antaranya untuk industri padat karya pembuatan sepatu. 

Oleh karenanya, Pemkab Batang mengajak pelajar SMA-SMK sederajat mempersiapkan diri menyambut peluang KIT Batang.

BACA JUGA:Romer Dengar Lebih 5 Kali Tembakan, Terungkap Ucapan Ferdy Sambo ke Ajudan Usai Kematian Brigadir J

BACA JUGA:Madrasah Bisa Ngoding, Ini Cara Daftar Beasiswa Pelatihannya

Pasalnya di tahun 2024 nanti, KIT Batang membutuhkan banyak lowongan pekerja, termasuk tersedia sekitar 15 Ribu lulusan SMA-SMK sederajat.

Direktur Kelembagaan dan Humas KIT Batang, M Fakhur Rozi mengatakan pihaknya pada tahun 2024 nanti akan membutuhkan sekitar 15 Ribu tenaga kerja.

"Di mana itu justru didominasi oleh lulusan SMA/K sederajat. Dimana salah satunya ada industri padat karya pembuatan sepatu,” kata Fakhur Rozi saat menghadiri FGD KITB dan Peluang serta Tangangan Bagi Generasi Muda Batang di Aula Pemkab Batang, Rabu 9 November 2022.

Pihaknya pun berharap nantinya para lulusan ini memiliki skill berbahasa asing, sehingga dapat menjadi nilai plus saat melamar kerja di KIT Batang.

“Beberapa waktu lalu pun kami turut memberikan beasiswa pelatihan Bahasa Inggris untuk siswa SMA/K sederajat di Batang. Sehingga kami harap nantinya muncul bibit unggul lulusan SMA/K yang siap kerja dan juga menguasai bahasa asing,” ujarnya dikutip dari Radar Pekalongan.

BACA JUGA:Gerindra Tunjuk Dinnar Ajeng Ravianti Jadi Juru Bicara Bappilu

BACA JUGA:Mahfud MD Ajak Komisi Antirasuah Berantas Mafia Tambang, KPK: Satgas Dibentuk

Menjawab soal kekhawatiran soal adanya nepotisme di dunia kerja, Disnaker Batang pun menjamin hal tersebut tidak akan terjadi dengan adanya Batang Career. Hal ini lantaran proses rekrutmen di perusahaan difasilitasi melalui satu pintu.

“Informasinya terbuka semua di sana. Sehingga semuanya transparan. Dan kami pun ke depan tengah mengoptimalkan BLK dan memetakan kebutuhan kompetensi dari perusahaan. Sehingga nantinya BLK dapat menghadirkan pelatihan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan industri,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: