Pernah Rasakan Perut Cepat Lapar saat Musim Hujan? Ternyata 3 Faktor Ini Pemicunya

Pernah Rasakan Perut Cepat Lapar saat Musim Hujan? Ternyata 3 Faktor Ini Pemicunya

Penyebab Sakit Perut Melilit yang Jarang Diketahui--Freepik/jcomp

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketika musim hujan datang, kalian pasti merasa menjadi cepat lapar bukan?

Meskipun kalian sudah makan besar, tidak lama setelah itu biasanya kita akan mulai mencari camilan yang bisa kita makan.

Secara tidak langsung, pada saat musim hujan tiba, ada banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. 

Sebenarnya apa alasan tubuh kita menjadi lebih cepat lapar saat musim hujan datang? Simak penjelasannya di Bawah ini .

1.Cuaca Berpengaruh Pada Mekanisme Tubuh

Banyak Pakar Kesehatan menjelaskan, nafsu makan yang menjadi semakin besar pada saat musim hujan tiba dikarenakan mekanisme tubuh akan berubah saat suhu tubuh menurun atau menjadi dingin.

Saat suhu dingin juga, kadar energi di dalam tubuh kita menjadi menurun dan membuat kita menjadi lebih sering malas-malasan.

Dengan dinginnya suhu udara, pembakaran energi akan berlangsung lebih cepat demi menjaga suhu tubuh normal.

Karena itulah energi di dalam tubuh kita menjadi lebih cepat habis dan untuk mengisi energi itu kembali, tubuh akan membutuhkan sumber energi lainnya dengan cara mengonsumsi berbagai makanan. Kalau sudah seperti itu, tubuh kita akan menjadi lapar.

Cadangan lemak sendiri sebenarnya bisa digunakan tubuh sebagai sumber energi lainnya, tapi karena musim hujan tidak berlangsung secara sebentar, cadangan lemak di dalam tubuh kita akan cepat habis. Sehingga makan adalah satu – satunya cara tubuh untuk kembali mengisi energi yang habis tersebut. 

2. Makanan Bisa Menghangatkan Tubuh

Dinginnya cuaca saat musim hujan pasti membuat kita ingin merasa hangat. Dengan mengonsumsi makanan yang hangat seperti sup atau makanan hangat lainnya, maka suhu tubuh kita yang awalnya turun dan menjadi dingin, akan meningkat dan membuat badan kita menjadi hangat.

Dengan hangatnya tubuh kita, maka kita akan merasa nyaman dalam melakukan aktivitas. Karena sudah terbiasa seperti itu, maka otak kita akan memancarkan sinyal supaya mencari makanan yang hangat untuk dikonsumsi dan membuat kita selalu ingin makan ketika cuaca dingin.

3. Badan Menjadi Pasif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: