Pelaku Pengunggah Foto Iriana Jokowi Makin Tersudut, Tapi Belum Bisa 'Dieksekusi'?

Pelaku Pengunggah Foto Iriana Jokowi Makin Tersudut, Tapi Belum Bisa 'Dieksekusi'?

Polisi buru pemilik akun Twitter @KoprofilJati buntu dari Body Shamming kepada Ibu Negara Iriana Jokowi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengunggah foto meme Iriana Jokowi di media sosial Twitter makin tersudut karena sudah dibidik penyidik kepolisian.

Dittipidsiber Bareskrim Polri bisa mengenakan Pasal 27 Ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) kepada pelaku.

Namun kasus ungghaan foto Iriana Jokowi berlandaskan detik aduan. Jadi pihak kepolisian belum bisa eksekusi jika belum adanya aduan 

Terkait hal ini, Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Kombes Pol Reinhard Hutagaol mengatakan, penanganan kasus diperlukan laporan langsung dari yang dirugikan.

BACA JUGA:UMP 2023 Akhirnya Resmi Naik, DKI Jakarta Terjadi Selisih Rp 400 ribuan dari Tahun 2022, Berikut Rinciannya

“Atas yang itu ya (unggahan foto Iriana), (Pasal) 27 ayat 3 itu ya untuk penghinaan di ITE memang harus yg dirugikan langsung. Delik aduan absolut ya. Harus yang dirugikan,” ujar Reinhard, Rabu 23 November 2022.

Reinhard menjelaskan, pihaknya sudah melakukan profiling terhadap pengguna akun Twitter yang mengunggah foto tersebut. Namun pihaknya belum bisa melakukan tindak lanjut dalam kasus tersebut.

“Kita pasti melakukan profiling, sudah dilaksanakan. Cuma kan kita bertindak atas laporan ya, kalau belum ada laporan kita belum bisa,” jelasnya.

Baru-baru ini beredar meme ibu negara, Iriana Jokowi yang diduuga diunggah oleh ilustrator, Kharisma Jati.

Meme bergambar Iriana Jokowi yang berdiri di sebalah istri Presiden Korea Selatan, Kim Keon-hee itu dianggap bernada menghina.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Makin Tersudut, Banyak Saksi yang Mulai Jujur dalam Sidang, Bripka Danu: Dari Olah TKP Saya Sudah Paham

Bahkan anak Iriana Jokowi, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming ikut panas karena foto sang ibu direndahkan di media sosial.

Tidak hanya kedua anaknya, menteri BUMN Erick Thohir juga ikut 'mencak-mencak' saat tahu foto Iriana Jokowi dijadikan bahan meme.

Erick Thohir sampai menyinggung bangsa yang nyinyir saat menyikapi adanya unggahan meme yang merendahkan ibu negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: