Harus Rawat Inap, Yohan Tenang karena Ada Kartu JKN

Harus Rawat Inap, Yohan Tenang karena Ada Kartu JKN

Yohan F Rumbiak di ruang perawatan RSAL dr. R Gandhi AT Biak.-Foto: BPJS Kesehatan-

BIAK, DISWAY.ID - Usia di atas 50 tahun sudah rentan terhadap berbagai persoalan kesehatan. Itulah yang dialami Yohan F Rumbiak. Warga BIAK, 59 tahun itu sedang dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. R Gandhi AT BIAK. Ia merupakan peserta program JKN yang terdaftar pada segmen kepesertaan Penerima Pensiunan TNI yang memiliki hak kelas 2.

”Saya pusing dan demam. Tidak bisa ditahan, badan semua lemas saat dari tidur dan mau bangun selalu seperti mau jatuh. Saya ke Unit Gawat Darurat (UGD) dan setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter diputuskan untuk dilakukan rawat inap untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Yohan.

BACA JUGA:Nenek Kontrol Jantung Sebulan Sekali, Ririe Bersyukur Ada JKNYohan mengatakan, dari UGD hingga ruang perawatan ia mendapatkan pelayanan yang cepat dan baik. ”Saat masuk UGD saya langsung dilayani dengan cepat hanya dengan memperlihatkan kartu JKN. Setelah diputuskan rawat inap tak perlu waktu yang lama saya di pindahkan ke ruang perawatan yang sesuai dengan kelas saya, yaitu kelas 2. Selama beberapa hari ini saya selalu dijelaskan dengan baik setiap dokter melakukan pemeriksaan secara teratur, perawatnya juga selalu ramah menghadapi pasien yang lanjut usia ini,” ucap Yohan. 

Ia bersyukur dengan menggunakan kartu JKN ia bisa mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang bisa membuatnya tenang berobat. Bagi Yohan, ruangan yang ia tempati juga nyaman dengan fasilitas yang baik. Dan yang terpenting tidak sepeserpun ia harus keluarkan biaya. 

”Dengan potongan gaji pensiunan saya, tidak sebanding dengan manfaat yang sudah saya rasakan, dan itu membuat saya tenang selama berobat. Syukurnya sekarang saya sudah merasa lebih baik, semoga sesegera mungkin bisa pulang,” ujarnya.

Di ujung perbincangan Yohan berharap masyarakat yang belum mendaftarkan diri agar segera mendaftar menjadi peserta JKN. ”Kita tidak tahu sakit kapan datang, apalagi seperti saya yang sudah usia lanjut dan rentan terhadap penyakit. Terdaftar menjadi peserta JKN juga adalah salah satu bentuk menolong sesama yang membutuhkan,” kata Yohan . (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: