Rutin Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Hadirkan 7 Manfaat Ini, Salah Satunya Ampuh Turunkan Berat Badan!

Rutin Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Hadirkan 7 Manfaat Ini, Salah Satunya Ampuh Turunkan Berat Badan!

Manfaat Rutin Jalan Kaki Setiap Hari, Bisa Turunkan Berat Badan-Ketut Subiyanto-PEXELS

JAKARTA, DISWAY.ID - Aktivitas berjalan kaki tentu selalu dilakukan oleh setiap manusia. Berjalan kaki ternyata memiliki manfaat yang baik, lho.

Berjalan kaki dapat memberikan banyak sekali kebaikan meski kelihatannya sangat sederhana. Kegiatan ini dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung, diabetes dan lainnya.

Tak hanya itu, berjalan kaki juga membuat aliran darah semakin lancar dan membuat orang selalu produktif. 

BACA JUGA:Pemula Mesti Tahu, 4 Manfaat Memanaskan Mobil dengan Rutin

Bahkan, beberapa penelitian menyebut aktivitas berjalan kaki secara rutin dapat menurunkan berat badan. Lemak dan kalori akan terbakar dengan berjalan kaki selama durasi tertentu.

Melansir dari laman resmi Healthline, dilakukan penelitian kepada 11 perempuan dengan berat badan menengah. Hasilnya, mereka mampu menurunkan 7,7 kilogram atau sekitar 10 persen berat badannya usai berjalan kaki dengan rutin selama enam bulan.

Tak hanya itu, sebuah literatur pada Journal of Exercise Nutrition and Biochemistry pada 2014 melakukan penelitian pengaruh dari berjalan kaki terhadap perempuan dengan berat badan berlebih.

Hasilnya, ditemukan bahwa terdapat penurunan berat badan sekitar 2,7 kg oleh perempuan yang berjalan kaki tiga kali seminggu dengan durasi 50-70 menit.

BACA JUGA:Tips Ampuh Demi Bisa Bangun Pagi Secara Rutin, Ikuti 5 Trik Ini!

Tak ayal, berjalan kaki dengan rutin ternyata berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Masih berhubungan dengan orang yang kelebihan berat badan, laman Medical News Today menyebut berjalan kaki dapat membakar lemak serta mengecilkan lingkar pinggang orang yang obesitas.

Berjalan kaki selama satu jam setiap hari mampu membakar kalori dengan optimal, sehingga bisa mereduksi lemak yang menimbun dalam tubuh.

Selain menurunkan berat badan, jalan kaki dengan rutin memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan, yaitu:

BACA JUGA:Jangan Kaget, Rutin Minum Susu Sapi Murni Setiap Hari Bisa Picu 4 Manfaat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: