Mengenal Praktik Perbudakan di Zaman Kolonial, Manusia Dirampas Kebebasan Hidupnya!

Mengenal Praktik Perbudakan di Zaman Kolonial, Manusia Dirampas Kebebasan Hidupnya!

Perbudakan/ilustrasi-ilustrasi-Tafsri Al Quran

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna kata 'budak' adalah 'hamba' atau 'jongos'. 

Sedangkan 'perbudakan' berarti 'sistem segolongan manusia yang dirampas kebebasan hidupnya untuk bekerja guna kepentingan golongan manusia yang lain'.

Perbudakan juga dapat diartikan segala hal mengenai pengendalian terhadap seseorang oleh orang lain dengan cara paksaan.

Sedangkan, budak adalah orang yang dikendalikan oleh orang yang berkuasa atau berkedudukan tinggi.

BACA JUGA:Peringatan Setiap 2 Desember: Sejarah Penghapusan Perbudakan

Intinya, perbudakan atau budak adalah manusia yang tidak mendapat kemerdekaan hidupnya karena diperdaya atau diperalat oleh manusia yang lain demi kepentingan manusia itu sendiri.

Yang paling umum dalam perbudakan adalah diharuskan untuk memenuhi kebutuhan buruh tanpa digaji oleh majikannya bahkan tidak mendapatkan hak-hak kehidupan.

Budak yang tidak melakukan hal sesuai keinginan pemiliknya akan mendapatkan hukuman fisik yang kejam.

Praktik perbudakan ini adalah hasil diskriminasi terhadap kelompok yang paling rentan dalam masyarakat, seperti kelompok yang dianggap dari kasta rendah, suku minoritas, dan masyarakat adat.

Perbudakan merupakan fenomena kuno yang sudah ada sepanjang sejarah manusia. Kala dulu, perbudakan telah menyebar hingga ke berbagai bangsa dan peradaban.

Seseorang yang menjadi budak di zaman dahulu disebabkan banyak faktor, entah itu faktor ekonomi, perang, penculikan anak, keturunan dan jual beli, maupun anak yatim yang tidak punya pengasuh dan terlantar dijalanan.

BACA JUGA:Rutin Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Hadirkan 7 Manfaat Ini, Salah Satunya Ampuh Turunkan Berat Badan!

Deretan masyarakat kuno yang pernah menerapkan praktik perbudakan, seperti Mesir Kuno, Cina Kuno, Yunani Kuno, Kekaisaran Romawi, Khalifah Islam, Amerika, Indonesia dan lain sebagainya.

Bahkan hingga saat ini perbudakan juga masih terjadi, yakni perbudakan modern meliputi kerja paksa, pekerja anak untuk eksploitasi ekonomi, dan perdagangan manusia. Perbudakan merupakan tindakan yang tidak manusiawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: