Ibu Hamil Tidak Disarankan Tidur Terlentang, Ini Alasannya

Ibu Hamil Tidak Disarankan Tidur Terlentang, Ini Alasannya

Saat Hamil, Sang Ibu Tidak Boleh Tidur Telentang -Foto/Pixabay/Marncom-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Saat Hamil, seorang Ibu akan sangat sulit mendapatkan Tidur yang berkualitas. Padahal Tidur sendiri sangat dibutuhkan demi membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Apalagi saat Ibu Hamil memasuki trimester Kedua, dimana sang Ibu akan lebih sulit mendapatkan rasa nyaman saat Tidur.

Berbeda dengan orang yang tidak Hamil, Ibu Hamil harus benar – benar memperhatikan posisi saat dirinya Tidur. 

BACA JUGA:Viral! 2 Orang WNA Ngutil Obat Kutu Rambut di Bali, Kini Dalam Pengejaran Polisi

BACA JUGA:Heboh Pria Berpeci di Pesantren Menolak Dievakuasi dari Erupsi Semeru, Ngotot Santri jadi Tanggungjawabnya: Itu Urusan Saya

Itu agar ketika Tidur, Janin yang berada di dalam kandungan tidak berbahaya dan akan tumbuh dengan sehat. Jadi sebenarnya, bagaimana Posisi Tidur yang pantas bagi seorang Ibu Hamil? Simak penjelasan berikut ini.

Tidak Disarankan Tidur Telentang

Saat Hamil, Posisi tidur harus benar – benar diperhatikan dan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan saja. Karena ruang rahim pada wanita tersebut akan membesar sampai 500 kali lipat. Lalu berat rahim ikut meningkat hingga 20 kali lipat ketika dibandingkan dengan saat belum Hamil. 

BACA JUGA:Bagaimana Postur Tubuh yang Dianggap Ideal? Simak 4 Posisi Penting yang Harus Diketahui

BACA JUGA:Bukti Dasyatnya Guncangan Gempa Bumi di Garut, Air Kolam Ini Mendadak Viral

Selain itu, ketebalan dari dinding rahim akan mengalami peningkatan. Ketika memasuki bulan akhir masa kehamilan, berat rahim dan isinya akan semakin bertambah berat.

Nah, pembuluh darah besar misalnya aorta, dapat menjadi semakin tertekan karena peningkatan berat rahim tersebut. 

Keadaan tersebut pastinya akan sangat berbahaya jika dialami oleh seorang Ibu Hamil bahkan bagi sang Bayi juga. Penekanan yang terjadi itu akan menjadikan sirkulasi darah ke jantung akan terganggu.

Maka dari itulah seorang Ibu Hamil harus benar- benar memperhatikan posisi tidurnya dengan benar. Posisi Tidur Telentang juga sangat tidak disarankan untuk Ibu Hamil, karena biasanya akan membuat sang Ibu menjadi merasa sesak.

BACA JUGA:Punya Jumlah Suara Besar, Kemendagri Ajak Penyandang Disabilitas Untuk Ikut Serta Pemilu 2024

Sumber: