4 Cara Ampuh Perbaiki TV Digital Sering Hilang Sinyal, Jangan Lupa Cek Setelan STB

4 Cara Ampuh Perbaiki TV Digital Sering Hilang Sinyal, Jangan Lupa Cek Setelan STB

STB yang digunakan untuk menerima siaran TV digital.-Kemkominfo/ Wienda Parwitasari-

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia sudah mulai beralih dari siaran TV Analog menjadi TV Digital belakangan ini .

Termasuk siaran TV Analog yang mulai dimatikan pada wilayah JABODETABEK terhitung tanggal 2 November 2022 silam. 

Perlu diketahui, ada beberapa cara yang bisa masyarakat lakukan jika mengalami kendala atau masalah saat menonton siaran TV Digital. Termasuk memperbaikinya disaat tidak mendapatkan sinyal.

BACA JUGA:Respek! Meskipun Kalah dari Kroasia, Sikap Pelatih Jepang Banjir Pujian

Untuk dapat menyaksikan TV Digital, masyarakat perlu menyiapkan perangkat TB Digital. Namun, jika tidak ada, bisa menggunakan Set Top Box (STB), dan memasangkannya kepada perangkat Analog yang dimiliki. 

Namun, selama masa transisi ini masyarakat masih sering kali mengeluhkan masalah sinyal yang tiba-tiba hilang, atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika Anda mengalami kendala tersebut, berikut cara memperbaikinya : 

1. Kualitas Antena 

Salah satu cara mengatasi hilangnya sinyal adalah dengan mengecek antena yang digunakan apakah sudah terpasang dengan baik, atau ada kerusakan pada antena tersebut. Karena TV dan STB memerlukan antena untuk menangkap siaran digital, termasuk juga mengenai lokasi penempatan dan ukuran dari antena yang digunakan akan memengaruhi kualitas dari sinyal yang didapatkan.

Posisi antena juga memengaruhi kemampuan perangkat menangkap sinyal. Ini penting bagi yang tempat tinggalnya bermukim dikawasan yang padat akan bangunan. Antena bergerak atau berpindah sedikit dari lokasi awalnya, akan memberikan dampak terhadap sinyal yang didapatkan. Selain itu, sesama antena pun bisa saling merebutkan sinyal, jadi pastikan terdapat jarak yang cukup terhadap antena satu dengan lainnya. 

2. Kabel

Hal lainnya adalah kabel, kemungkinan hilangnya sinyal bisa terjadi dikarenakan terdapat masalah akan kabel jack atau colokan yang rusak. Ini bisa disebabkan karena kotor, penyok, atau tidak terhubung dengan sempurna. Dengan begitu membuat sinyal tidak bisa ditangkap dengan baik.

3. Setelan STB 

Terakhir kemungkinan adalah masalah pada setelan Set Top Box nya. Perangkat ini memiliki setelan yang berbeda, jadi sebelum menggunakan pastikan telah mengikuti semua tahap-tahap pada buku panduan STB, dan memastikan bahwa setelan pengaturannya sudah tepat. Serta yang terpenting pastikan selalu membeli di tempat yang resmi dan bersertifikasi. 

4. Frekuensi Jaringan

Jika tidak ditemukkan permasalahan seperti yang sudah tertera pada 3 poin pertama, siaran TV Digital bisa dicari seperti TV Analog. Siaran TV Digital dapat dicari secara otomatis, pada menu pencarian sinyal, sama halnya dengan TV Analog. 

Langkah-Langkah Mensetting STB ke TV Analog : 

1. Pastikan daerah tempat tinggal sudah mensupport siaran TV Digital.

2. Pastikan memiliki antena UHF, antena luar ruangan dan dalam ruangan.

3. Pastikan TV telah dilengkapi dengan Set Top Box DVBT2 untuk menerima siaran TV Digital.

4. Setelah terhubung, nyalakan perangkat TV dan ubah ke setelan AV. 

5. Terakhir, pilih opsi pengaturan dan pilih auto scan untuk memindai siaran TV Digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: