5 Komponen Vital Mobil yang Tersembunyi, Jangan Lupa Selalu Dicek dengan Rutin

5 Komponen Vital Mobil yang Tersembunyi, Jangan Lupa Selalu Dicek dengan Rutin

Ilustrasi merawat kendaraan-Pexels.com/Andrea Piacquadio-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mengendarai mobil dengan kondisi sehat membuat perjalanan kita semakin aman dan nyaman. Kita tak perlu khawatir mobil mogok di tengah jalan akibat adanya komponen yang rusak.

Banyaknya komponen di mobil harus selalu dicek secara rutin. Apalagi jika komponen tersebut tersembunyi dan tidak terlihat, pastinya kamu tak tahu keadaan komponen tersebut.

BACA JUGA:Polres Tangsel Gagalkan Peredaran Sabu 34 Kg dan 9 Ribu Butir Ekstasi

BACA JUGA:4 Tips Mengatur Gaji Bagi Pemula dengan Mudah, Tabungan Semakin Banyak

Gejala yang timbul pada komponen mobil yang rusak berbeda-beda, ada yang mengeluarkan bunyi aneh, mobil yang tersendat, hingga mati mesin.

Hal ini tentunya akan sangat merugikan jika kamu jarang melakukan tune up mobil di bengkel. Komponen mobil yang tersembunyi juga sangat penting untuk dilakukan pengecekan.

Apa saja komponen mobil tersebut? Nah, berikut ini beberapa komponen vital mobil yang tersembunyi dan sulit untuk dilihat kondisinya.

BACA JUGA:Kenali 7 Penyebab Kaki Bengkak dan Gejalanya

BACA JUGA:AirNav Indonesia Antisipasi Peningkatan Pergerakan Pesawat Periode Nataru

1. Blok silinder

Blok silinder atau blok mesin merupakan salah satu komponen terpenting dalam mobil. Komponen ini berperan sebagai tempat proses pembakaran mobil.

Di dalam blok silinder, banyak komponen yang bertugas untuk menggerakan mobil, seperti piston, ring piston, kepala silinder, klep dan lainnya. Semua komponen tersebut dilumasi dengan oli agar tidak terjadi gesekan antar komponen. 

Penggantian oli yang telat menyebabkan kerusakan pada komponen karena terjadi gesekan. Lebih buruknya, mesin akan mengalami sludge atau lumpur oli jika interval penggantian tidak teratur.

BACA JUGA:Terbaru! Ini Daftar Farmasi dan Produk Obat Sirup yang Aman Digunakan dari BPOM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: