Antisipasi Hujan Ekstrem dan Badai Dahsyat 28 Desember 2022 BNPB Lakukan TMC, 3 Daerah Jabar Berpotensi Banjir!

Antisipasi Hujan Ekstrem dan Badai Dahsyat 28 Desember 2022 BNPB Lakukan TMC, 3 Daerah Jabar Berpotensi Banjir!

Dampak hujan ekstrem dan badai dahsyat di sejumlah daerah pada 28 Desember 2022 berpotensi mengakibatkan banjir-BNPB For Disway.id -disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID -- Cuaca buruk seperti hujan ekstrem dan badai dahsyat diprediksi akan terjadi besok, Rabu 28 Desember 2022.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, peneliti Klimatologi Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Erma Yulihastin mengabarkan, hujan ekstrem akan melanda DKI Jakarta.

Selain itu, badai dahsyat juga akan terjadi dan melanda di beberapa daerah Provinsi Banten.

"Siapapun Anda yg tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma Yulihastin lewat akun Twitternya, Senin 26 Desember 2022.

Untuk mengantisipasi hujan ekstrem dan badai dahsyat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan lakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) terkait hal ini.

BACA JUGA:BRIN-BMKG Prakirakan Hujan Ekstrem dan Badai Dahsyat Landa DKI Jakarta Hingga Banten Pada 28 Desember 2022, Mengerikan!

Pasalnya, menurut data prakiraan cuaca Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan BMKG menyebut, 28 Desember 2022 diprediksi akan terjadi potensi cuaca ekstrem di Jabodetabek dan sekitarnya.

"Nanti pelaksanaannya BRIN dengan TNI AU, penganggaran dari BNPB, kita akan melaksanakan TMC," jelas Suharyanto di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa 27 Desember 2022.

Upaya TMC ini, kata Suharyanto, akan dilakukan hingga awal tahun 2023.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrem 25 Desember - 1 Januari, BMKG : 11 Provinsi Harus Siaga

3 Daerah Jabar Berpotensi Banjir

Prediksi hujan ekstrem dan badai dahsyat yang diprediksi akan terjadi Rabu 28 Desember 2022, disebut akan berdampak banjir pada 3 daerah di Jawa Barat.

Ketiga daerah tersebut yaknin Kabupaten Subang, Indramayu dan Sumedang, yang notabene dekat dengan aliran sungai Sukanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: