Canggih! BRIN Punya SADEWA, Teknologi Satelit Penginderaan Jauh Untuk Peringatan Dini Bencana dan Cuaca

Canggih! BRIN Punya SADEWA, Teknologi Satelit Penginderaan Jauh Untuk Peringatan Dini Bencana dan Cuaca

Ilustrasi ramalan cuaca dari satelit -BRIN-

BACA JUGA:8 Makanan Penting untuk Menjaga Kesehatan Kuku, Bikin Nggak Mudah Patah

Anis melanjutkan, informasi yang dapat diakses melalui SADEWA meliputi Suhu Puncak Awan, Uap Air, Visible, Near Infrared, Awan Tumbuh, Zona Konvergensi Inter-tropis (ITCZ), Indeks Monsun, IOD, MJO, SOI, ONI, AWS dan Radar

Sedangkan untuk prediksi tiga hari ke depan, pengguna dapat mengakses informasi terkait Awan, Hujan, Suhu Permukaan, Tekanan, Uap Air, Angin 10 meter, Angin 850 milibar, dan Angin 200 milibar. SADEWA juga dapat memberikan peringatan dini hujan ekstrem.

“Masyarakat dapat mengakses SADEWA melalui, tautan sadewa.brin.go.id untuk resolusi 5 kilometer, sedangkan sadewa.brin.go.id/sadewabgr untuk resolusi 1 kilometer,” tukasnya.

BACA JUGA:Terus Lebarkan Sayap di Amerika Latin, Royal Enfiled Buka Fasilistas CKD di Brasil

BACA JUGA:Siapkan 461 Pompa Keliling, Pemprov DKI Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Fitur Informasi di SADEWA

Pada laman SADEWA terdapat beberapa pilihan fitur informasi, di antaranya Hujan, IR1, IR2, IR1-IR2, IR1-IR3, COM, dan lainnya. Dari sekian banyak pilihan, beberapa pilihan yang paling penting antara lain Hujan, IR1-IR2, IR1-IR3, dan COM.

Jika memilih informasi tentang hujan, maka akan terlihat wilayah Indonesia dan tutupan awannya. Peta bisa diperbesar untuk melihat lokasi yang lebih spesifik. 

Akan terlihat wilayah dengan tutupan awan berwarna hitam hingga abu-abu. Wilayah yang tertutup awan itu berpotensi mengalami hujan dari intensitas ringan hingga lebat.

Pilihan IR1-IR2 menyajikan informasi tentang wilayah yang tertutup awan Cirrus (tipis) atau awan Cumulonimbus. 

BACA JUGA:Ronaldo Mulai Terlupakan? Fans MU Ganti Nyanyian 'Viva Ronaldo' Demi Pemain Ini

BACA JUGA:Kondisi Indra Bekti Saat Ini Memprihatinkan Usai Jatuh Pingsan di Toilet saat Tengah Siaran Radio

Bila wilayah Anda tertutup awan Cumulonimbus (berwarna hijau tua), maka besar potensi wilayah Anda akan diguyur hujan. Pada pilihan IR1-IR3, diperlihatkan wilayah yang tertutup awan tinggi (Cumulonimbus) yang berwarna biru gelap dan awan rendah (Cumulus). 

Sama seperti pilihan sebelumnya, jika suatu wilayah tertutup awan Cumulonimbus, wilayah itu berpotensi mengalami hujan lebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: