Semarang Banjir, 4 Perjalanan KA Terhambat

Semarang Banjir, 4 Perjalanan KA Terhambat

Ilustrasi banjir-Istimewa-Pemkot Semarang

JAKARTA, DISWAY.ID - Banjir di wilayah Semarang, Jawa Tengah berdampak ke perjalanan kereta api pada Sabtu 31 Desember 2022 pagi. 

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Semarang, Kendal dan sekitarnya,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko dalam keterangan resminya, Sabtu 31 Desember 2022.

Hujan deras yang terus terjadi sejak Sabtu dini hari mengakibatkan banjir menggenangi beberapa jalur KA di lintas utara pulau Jawa. 

BACA JUGA:Dinas LH Jamin Sampah di Jakarta Bersih Usai Perayaan Malam Tahun Baru 2023

Dampaknya kereta api yang akan melintas harus tertahan atau melintas dengan pembatasan kecepatan tertentu demi keselamatan. 

Akibatnya terdapat beberapa perjalanan KA penumpang yang mengalami keterlambatan.

Untuk antisipasi keselamatan perjalan KA, sampai saat ini ada 2 titik yang tidak bisa dilalui perjalanan kereta api. 

Pertama pada petak jalan Semarang Tawang - Alastua (Kota Semarang) karena adanya genangan air setinggi 12 cm di atas kop rel.

Kedua, pada petak jalan Kaliwungu - Kalibodri (Kabupaten Kendal) karena adanya Sungai Waridin yang meluap sehingga mengakibatkan gogosan pada jalur rel KA di wilayah tersebut. 

Sedangkan untuk kondisi di Stasiun Semarang Tawang, terjadi genangan air yang mengakibatkan pelayanan boarding penumpang dipindahkan di area pintu keluar stasiun.

KAI telah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi baik di jalur kereta api maupun di sekitar Stasiun Semarang Tawang. 

KAI juga terus berusaha mengerahkan sarana penolong dan petugas-petugas untuk memperbaiki jalur akibat adanya banjir.

BACA JUGA:Resmi Dicabut, Mendagri Minta Seluruh Kepala Daerah Hapus Sanksi Pelanggar PPKM

4 Perjalanan Kereta Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: