Direskrimum Polda Papua Sebut Banyak Pemuda Gabung KKB karena Kurangnya Lowongan Pekerjaan

Direskrimum Polda Papua Sebut Banyak Pemuda Gabung KKB karena Kurangnya Lowongan Pekerjaan

Ilustrasi kelompok OPM-Foto/Dok/Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Faizal Rahmadani mengungkap alasan sejumlah pemuda di Kabupaten Pegunungan Bintang yang bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Menurutnya, hal itu terjadi karena kurangnya lapangan pekerjaan. 

"Memang benar saat ini banyak pemuda yang bergabung dan menjadi anggota KKB dan usia mereka di bawah 25 tahun," ujar Rahmadani, Minggu, 15 Januari 2023.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah daerah bisa membuka lapangan pekerjaan sehingga memiliki pekerjaan dan kegiatan positif.

BACA JUGA:Partai Buruh Target 4 Persen Suara Sah Nasional Untuk DPR RI

BACA JUGA:Cemburu Pacar Dihubungi Mantan, Dua Pelajar SMP di Tambora Baku Hantam

"Bila nanti lapangan pekerjaan dibuka dan mereka direkrut maka gangguan kamtibmas di wilayah itu berkurang," kata dia.

Lebih lanjut, Rahmadani mengungkapkan saat ini pihaknya telah mengerahkan satu kompi anggota satgas damai cartenz untuk menangani kelompok bersenjata di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

"Satu kompi anggota Satgas Damai Cartenz sudah bergabung dengan aparat keamanan di Oksibil dan berharap wilayah itu segera kembali kondusif," tukas dia.

Untuk diketahui, gerombolan bersenjata di sana sejak Sabtu (7 Januari 2023) menebar teror, di antaranya membakar gedung SMKN 1 dan Disdukcapil Pegubin serta menembak pesawat terbang milik Ikairos sesaat hendak mendarat di Bandara Oksibil. Tercatat sejak Kamis (12 Januari 2023) sebanyak 187 warga mengungsi ke Sentani, Papua, karena ketakutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: