Sejarah dan Keunikan Tari Kecak yang Wajib Ketahui, Seni Drama yang Terinspirasi Dari Ritual SangHyang

Sejarah dan Keunikan Tari Kecak yang Wajib Ketahui, Seni Drama yang Terinspirasi Dari Ritual SangHyang

Tari kecak termasuk jenis tari yang sering ditampilkan dalam beberapa acara besar di Bali, di mana terdapat sejarah dan keunikan Tari Kecak. -Denpasarkota.go.id-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pulau dewata Bali sangat identik dengan budaya dan tradisinya. Dibalik semua keunikannya itu, ada satu kesenian Bali yang sudah lama menjadi magnet untuk menarik turis mancanegara. 

Kesenian tersebut adalah Tari Kecak yang merupakan sebuah seni pertunjukan yang melibatkan banyak orang di setiap pementasannya.

Tari kecak termasuk jenis tari yang sering ditampilkan dalam beberapa acara besar di Bali, di mana terdapat sejarah dan keunikan Tari Kecak.

Keunikan tari kecak terletak pada iramanya, serta para penari yang membentuk sebuah lingkaran seraya berseru ‘cak cak ke cak cak ke’, selama pertunjukan, penonton akan disuguhkan beberapa adegan dari kisah-kisah Ramayana.

BACA JUGA:Pekan Seru! Jadwal Lengkap Liga Inggris 21-22 Januari 2023, Ada MU vs Arsenal Live SCTV

BACA JUGA:Ahli Digital Forensik Hermansyah Beberkan Fungsi Abnormal Shutdown

Sejarah Tari Kecak

Tari kecak sebenarnya bukan sebuah tarian kuno yang ada pada masa kerajaan. Tari kecak adalah sebuah kesenian sendratari (seni drama) yang terinspirasi dari ritual SangHyang. 

Dilansir dari Denpasarkota.go.id, SangHyang merupakan tarian sakral. Menjadi sarana komunikasi spiritual masyarakat dengan para dewa atau roh leluhur. 

Dalam kondisi tidak sadar, mereka akan menari serta diiringi tembang-temban pemujaan dan iringan tetabuhan. Tradisi ini merupakan warisan budaya untuk menolak bala.

Bahkan mereka dipercaya dalam Tari kecak mampu melakukan komunikasi dengan Tuhan di dalam menyampaikan harapan-harapan serta keinginan untuk rakyatnya.

Pada awal adanya jenis tari ini tercipta dengan tidak sengaja yang mana sejarah tari kecak ini diambil dari sebuah tarian adat pemujaan yang populer dengan nama Shangyang.

BACA JUGA:10 Hidangan Khas Imlek dan Maknanya, Wajib Ada di Meja Makan!

BACA JUGA:Gempar! Mahfud MD Bocorkan Adanya Gerakan Masif Agar Ferdy Sambo Bebas di Balik Layar: Saya Sudah Dengar, Ada yang Bergerilya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: