Berbagi Pada Sesama Ala Jakhumfest 2023

Berbagi Pada Sesama Ala Jakhumfest 2023

Dompet Dhuafa kembali menggelar Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2023 yang mengangkat dua isu sekaligus. -876sa-

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan manfaat yang luas bagi komunikasi Dompet Dhuafa dengan para stakeholder maupun masyarakat,” jelas Yayat Supriyatna.

Selain mobile poadcast, disalah satu workshop terdapat simulasi virtual atau Disaster Virtual Reality Simulation yang di kenalkan oleh Disaster Management Center (DMC) untuk dijajal oleh para pengunjung yang hadir.

BACA JUGA:Kriteria ASN yang Pindah ke IKN Diungkap Menpan RB, Siap-siap 11 Ribu Pegawai Bakal Berangkat ke Kaltim

BACA JUGA:Arema FC Siap Bubar Jika Dianggap Bikin Kompetisi Sepakbola Indonesia Tidak Kondusif

Disaster Virtual Reality Simulation menjadi salah satu media edukasi kebencanaan yang memadukan antara kecanggihan teknologi VR dalam upaya mitigasi bencana untuk menghasilkan pengalaman yang nyata dalam mitigasi bencana.

Adi Sumarna selaku Staf Tim Humanitarian Academy, menjelaskan fungsi Disaster VR Simulation ini dapat dijadikan sebagai media edukasi untuk simulasi pelatihan bagi para calon relawan maupun khalayak umum. 

Pengalaman yang didapatkan oleh penggunanya akan dirasakan seperti di dunia nyata (real world) melalui dunia maya (virtual) buatan.

Salah satu pengunjung dari Tebet, Jakarta Selatan, Anisa mengatakan, ini pertama kalinya ia mencoba virtual reality untuk bencana alam.

BACA JUGA:Replik Jaksa Meminta Majelis Hakim Menolak Seluruh Nota Pembelaan Bharada E, 'Tidak Memiliki Dasar Yuridis Yang Kuat'

BACA JUGA:Ngenes, 5 Orang Keluarga Kini Tak Punya Tempat Tinggal Dampak Kebakaran Rumah Gegara STB Meledak di Jakarta Utara

“Jadi seru sih. Kita jadi tau, kalau ada gempa bumi itu kita harus berlindung di bawah meja. Terus, kalau ada kebakaran itu harus bagaimana. Jadi lebih gampang diterapkan gitu karena kan ini sesuai dengan teknologi yang terkinian, jadi lebih mudah dipahami,” ucapnya.

Selain itu ada juga acara talkshow yang mengusung tema tentang financial planning, mental health, dan kerelawanan. 

Pada segmen Talkshow Financial Planner Jakhumfest 2023,  Annisa Steviani sebagai Financial Planner yang sudah tersertifikasi membagikan tips-tipsnya terkait financial planning atau atur budget 2023, sehingga kita tak perlu overthinking soal keuangan.

Ada tiga tips yang dibagikan oleh Annisa Steviani, yang pertama yaitu kita perlu memiliki kontrol atau diri self control, agar tidak membelanjakan uang sesuai dengan kesenangan kita saja. 

BACA JUGA:Kriteria ASN yang Pindah ke IKN Diungkap Menpan RB, Siap-siap 11 Ribu Pegawai Bakal Berangkat ke Kaltim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: