Jelang Pemberlakuan BBM Biosolar B35, 300 Mobil Tangki Pertamina Gunakan CNG pada 2026

Jelang Pemberlakuan BBM Biosolar B35, 300 Mobil Tangki Pertamina Gunakan CNG pada 2026

300 mobil tangki Pertamina segera gunakan CNG yang merupakan kombinasi bahan bakar Solar dan CNG jelang pemberlakuan BBM Biosolar B35.-pertamina-

BACA JUGA:MinyakKita Habis Dipasaran, Mendag Angkat Bicara

BACA JUGA:Startegi Pemprov DKI Jakarta Tangani Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

“Berdasarkan uji coba di lapangan, sistem DDF memberikan efisiensi hingga 30 persen serta lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi karbon 15 -20 persen lebih rendah dibandingkan dengan full menggunakan BBM,” tutur Erry.   

Komponen dalam sistem DDF juga sudah terstandarisasi secara nasional dan internasional, di antaranya standar ISO 11439 untuk tabung CNG dan sertifikasi uji instalasi dari Kementerian Perhubungan. 

“Keamanan dan keandalan sistem DDF ini sudah terjamin, sehingga aman digunakan mobil tangki yang mengangkut BBM maupun LPG,” tandas Erry.

Sedangkan pemberlakuan Biosolar B35 ini telah diungkapkan oleh Edwin Wibowo selaku Direktur Bio Energi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM RI.

BACA JUGA:Cara Parenting Ria Ricis ke Moana Dikritik Banyak Orang, Oki Setiana Dewi: Jangan Dibanding-bandingkan Ya

BACA JUGA:Hotman Paris Bantah Polisikan Nikita Mirzani Terkait Masalah Bunda Corla, Nikmir: Buat yang Ngedit Jangan Patah Semangat Yah!

Menurut Edwin, pemerintah akan segera memberlakukan penggunaan BBM Biosolar B35 pada 1 Februari 2023 sebagai pengganti BBM Biosolar B30.

Pemberlakuan BBM Biosolar ini juga disetujui oleh Presiden Joko Widodo dalam Rapat Kabinet Paripurna tanggal 6 Desember 2022 yang mengungkapkan jika persentase pencampuran Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel ke dalam Bahan Bakar Minyak Jenis Solar akan segera ditingkatkan dari 30 menjadi 35 persen atau Biosolar B35.

Penggunaan dari Biosolar B35 ini, menurut Edi Wibowo merupakan sebuah langkan pemerintah dalam memaksimalkan penggunaan bahan bakar nabati menuju penggunaan Biosolar B40.

BACA JUGA:Manfaat Konsumsi Rutin Teh Daun Kelor, Kaya Akan Antioksidan?

BACA JUGA:Deadline Day: Arsenal Incar Jorginho Jika Gagal Dapatkan Moises Caicedo Hari Ini

Pihak ESDM sendiri sebelumnnya telah melakukan pengujian terhadap BBM Biosolar B35 ini dengan hasil yang mengembirakan.

Adapaun pengujian yang telah dilakukan meliputi pengaruh penggunaan campuran Biodiesel 35 persen atau B35 terhadap sistem filtrasi mesin diesel yang tidak adanya indikasi pemblokiran filter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: