Dampak Macet, Konsumsi Bensin Boros 2,2 Juta Liter per Hari

Dampak Macet, Konsumsi Bensin Boros 2,2 Juta Liter per Hari

Kemacetan di Jakarta selama Ramadhan 2023 ini disebut masih berada dibatas normal.-tangkapan layar instagram @tmcpoldametrojaya-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Macet atau kemacetan lalu lintas menjadi salah satu permasalahan di DKI Jakarta.

Pengamat Transportasi dari Universitas Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Djoko Setijowarno mengatakan dampak dari kemacetan menyebabkan pemborosan konsumsi bensin mencapai 2,2 juta liter per hari.

"Dampak sekarang, kerugian ekonomi akibat kemacetan di Jabodetabek sebesar Rp 71,4 triliun per tahun akibat pemborosan bahan bakar dan waktu hilang. Terjadi pemborosan BBM sebesar 2,2 Juta liter per hari," kata Djoko dalam keterangannya, Jumat, 3 Februari 2023.

BACA JUGA:Resmi! Harga BBM Pertamina Naik per 1 Februari 2023, SPBU Mulai Jual Biodiesel B35, Cek Daftar Lengkapnya

BACA JUGA:Pihak Putri Candrawathi Tuding JPU Terlalu Lelah: Kosong Sana-Sini!

Djoko berpandangan perlu ada push and pull strategy yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Tujuannya, agar masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik. Namun, dia menyadari strategi ini memiliki tantangan tersendiri akibat masifnya pengendara motor.

"Bukan hal yang mudah dilakukan di tengah kenyamanan penggunaan kendaraan pribadi terutama sepeda motor," imbuhnya.

Djoko juga menyoroti, pengguna angkutan perkotaan mengalami penurunan demand secara signifikan, sebab masyarakat semakin tergantung pada kendaraan pribadi.

"Apabila dibiarkan, maka angkutan perkotaan terancam punah. Dan sudah banyak kota-kota di Indonesia tidak memiliki lagi angkutan umum yang memadai. Jikapun ada, hanya tinggal sisa armada yang masih mampu beroperasi apa adanya, namun sudah tidak bisa lagi melakukan peremajaan," ujar dia. 

Djoko mengungkapkan intervensi pemerintah dibutuhkan untuk peremajaan kembali dan mengembalikan daya saing angkutan perkotaan. 

BACA JUGA:Diam-Diam Rian Mahendra bin Haryanto Temui Bos PO Lorena, Ada Kesepakatan Buka Trayek?

BACA JUGA:Akhirnya Norma Risma Polisikan Ibu Kandung Atas Dugaan Perzinahan Dengan Mantan Suaminya

"Penerapan skema buy the service merupakan intervensi yang dilakukan pemerintah dengan membeli produksi layanan angkutan perkotaan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: