Serba Serbi Pertemuan ASEAN di Jakarta: Timor Lester Berpartisipasi Pertama Kalinya, Myanmar Absen, Hingga Jokowi Beri Pesan Tegas

Serba Serbi Pertemuan ASEAN di Jakarta: Timor Lester Berpartisipasi Pertama Kalinya, Myanmar Absen, Hingga Jokowi Beri Pesan Tegas

Para Sekjen ASEAN Berkunjung ke Indonesia Hari Ini, Diterima Langsung Presiden Jokowi di Istana-Setpres-

"Presiden menekankan 5pc akan tetap menjadi mekanisme utama ASEAN di dalam meng-address isu perkembangan di Myanmar," tutur Retno.

BACA JUGA:Honda WR-V Sukses Raih Hasil Tes Keselamatan Tertinggi dI ASEAN NCAP, Apa Saja Fitur Unggulannya?

Kursi Myanmar Kosong

Perwakilan Myanmar tak hadir dalam pertemuan perdana ASEAN di Jakarta, Jumat (3/2).

"Perwakilan Myanmar tidak ada dalam pertemuan tadi. Kursinya kosong, lihat sendiri tadi," kata Direktur Jenderal ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro saat, ditemui di Sekretariat ASEAN, Jumat (3/2).

Sidharto mengatakan Indonesia melalui Kemlu menyampaikan ke Kemlu Myanmar untuk mengirim perwakilan non-politik mereka dalam acara ASEAN ini.

ASEAN tengah menggelar rangkaian pertemuan The ASEAN Foreign Ministers' (AMM) Retreat di Jakarta, pada 2-4 Februari 2023. Acara hari ini yakni pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council/ACC) ke-32.

Mereka yang hadir dalam pertemuan ACC yakni Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn, Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir, Menlu Singapura Vivian Balakrishnan, Menlu Thailand Don Pramudwinai, dan Menlu Laos Saleumxay Kommasith.

Kemudian, Menlu Kamboja Park Sokhonn, Menlu Vietnam Pham Binh Minh, Menlu Filipina Enrique Manalo, Menlu Brunei Darussalam Mohammad Bolkiah dan Menlu Timor Leste Adaljiza Magno.

Pertama Kali Timor Leste Berpartisipasi

Timor Leste untuk pertama kalinya ikut dalam rapat menteri luar negeri ASEAN yang digelar di Sekretariat ASEAN Jakarta setelah resmi diakui sebagai anggota.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Timor Leste ikut bergabung dalam pertemuan ASean Coordinating Council (ACC) ke-32.

"Pertemuan ACC ini merupakan sejarah, pertama kalinya kita menyambut Timor Leste untuk ikut bergabung," jelas Retno Marsudi dalam konferensi persnya yang digelar pada Jumat (3/2/2023).

Retno pun mengaku mengucapkan selamat kepada menteri Luar Negeri Timor Leste Adaljiza Magno pada kesempatan tersebut.

Seperti diketahui, Timor Leste resmi diakui sebagai anggota ASEAN pada November 2022 lalu. Para pemimpin negara ASEAN setuju Timor Leste untuk menjadi salah satu anggota blok regional tersebut yang sebelumnya hanya beranggotakan 10 negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: