Serba Serbi Pertemuan ASEAN di Jakarta: Timor Lester Berpartisipasi Pertama Kalinya, Myanmar Absen, Hingga Jokowi Beri Pesan Tegas

Serba Serbi Pertemuan ASEAN di Jakarta: Timor Lester Berpartisipasi Pertama Kalinya, Myanmar Absen, Hingga Jokowi Beri Pesan Tegas

Para Sekjen ASEAN Berkunjung ke Indonesia Hari Ini, Diterima Langsung Presiden Jokowi di Istana-Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Indonesia akan selenggarakan rangkaian pertemuan The ASEAN Foreign Ministers' (AMM) Retreat di Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada 2-4 Februari 2023. Menlu RI Retno Marsudi memimpin AMM Retreat yang dilaksanakan pada 4 Februari 2023. Pertemuan AMM ini merupakan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pertama di masa Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

AMM Retreat diawali dengan Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Officials' Meeting) ASEAN (2 Februari 2023), dan ASEAN Coordinating Council ke-32 (3 Februari 2023).

Dalam rangkaian pertemuan ini, dibahas beberapa agenda, termasuk di antaranya prioritas Keketuaan Indonesia dan tindak lanjut hasil-hasil KTT ASEAN ke-40 dan 41 di tahun 2022.

BACA JUGA:Para Menlu dan Sekjen ASEAN Berkunjung ke Indonesia Hari Ini, Diterima Langsung Presiden Jokowi di Istana

Keketuaan Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespon berbagai tantangan kawasan dan global seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, krisis pangan.

Indonesia juga terus bertekad menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik, melalui pendekatan paradigma kolaborasi.

ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP), merupakan prakarsa Indonesia, yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada bulan Juni 2019 dan bertujuan untuk menjaga stabilitas kawasan melalui kemitraan, dialog dan kerja sama.

BACA JUGA:Serah Terima Keketuaan ABAC, Mendag Zulhas: Kolaborasi Pemerintah Dukung Kekuatan Indonesia di ASEAN 2023

Pesan Jokowi Jelang Pertemuan ASEAN

Menlu negara-negara anggota ASEAN bertemu Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (3/2) pagi. Jokowi mendorong persatuan ASEAN kepada seluruh perwakilan negara anggota.

Pertemuan dengan Jokowi digelar sebelum 32nd ASEAN Coordinating Council Meeting dan The ASEAN Foreign Ministers Retreat yang digelar di kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta pada 3 sampai 4 Februari 2023.

"Di dalam pertemuan tadi Bapak Presiden menekankan dua hal. Yang pertama adalah ASEAN tidak boleh jadi proksi siapa pun," kata Menlu Retno Marsudi di Istana Kepresidenan.

Retno mendampingi Jokowi saat bertemu Menlu negara anggota ASEAN.

BACA JUGA:Jokowi Lakukan Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: