Pernyataan Telak Hakim Soal Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir Yosua, Kejujuran Richard Eliezer Terbukti

Pernyataan Telak Hakim Soal Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir Yosua, Kejujuran Richard Eliezer Terbukti

Harta kekayaan Hakim Wahyu Iman Santoso--Tangkapan layar/YouTube

JAKARTA, DISWAY.ID - Hakim Ketua Wahyu Iman yakini Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir Yosua atau Brigadir J.

Wahyu Iman Santoso menyebut Ferdy Sambo ikut menembak berdasarkan keterangan saksi Adzan Romer.

Kala itu mantan ajudan Sambo tersebut mengaku melihat Sambo menjatuhkan senjata jenis HS yang kemudian dimasukkannya ke dalam saku kanan celana pakaian dinas lapangan (PDL) Sambo dan mengenakan sarung tangan hitam.

"Majelis Hakim memperoleh keyakinan yang cukup bahwa terdakwa telah melakukan penembakan terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan menggunakan senjata api jenis Glock, yang pada waktu itu dilakukan terdakwa dengan menggunakan sarung tangan," ujar Wahyu Iman Santoso dalam sidang pembacaan putusan terhadap Ferdy Sambo, di PN Jakarta Selatan, Senin, 13 Februari 2023.

Keyakinan hakim juga diperkuat dengan kesaksian Mantan Kasubnit 1 Reskrimum Polres Metro Jakarta Selatan Rifaizal Samual yang menyebut Sambo membawa senjata api di dalam holster yang ada di pinggang sebelah kanan Sambo pada saat olah tempat kejadian perkara (TKP), serta kesaksian Richard Eliezer atau Bharada E.

BACA JUGA:Arogansi Pengendara Fortuner Berujung ke Ranah Hukum, Polisi: Masih Tahap Penyelidikan

Selain itu, ada juga pertimbangan lainnya setelah hakim mendengarkan penjelasan dari para ahli.

Hakim juga beberkan, ada tujuh tembakan yang masuk pada tubuh Brigadir J. 

Sementara itu, senjata milik Bharada E yang hanya berkapasitas maksimal 17 peluru serta tak pernah diisi maksimal, masih menyisakan sebanyak 12 peluru.

"Maka dapat disimpulkan, adanya dua atau tiga perkenaan tembakan yang bukan merupakan perbuatan Saksi Richard," ujar Wahyu Iman Santoso.

BACA JUGA:Hakim Meyakini Sambo Ikut Melakukan Penembakan, Gunakan Glock dan Pakai Sarung Tangan Hitam

Ucapan Bharada E

Bharada Richard Eliezer mengaku lihat Ferdy Sambo mengokang senjata dan menembak Brigadir Yosua, hal ini diungkapkannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 5 Januari 2023.

Di dalam ruang sidang utama, Richard Eliezer mengaku lihat terdakwa Ferdy Sambo mengokang senjata sebanyak dua kali, ketika Richard sudah selesai menembak Brigadir J.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: