LEMIGAS Siap Jamin Kualitas Mutu B30 dan B35 Terjaga

LEMIGAS Siap Jamin Kualitas Mutu B30 dan B35 Terjaga

Laboratorium Bahan Bakar dan Aviasi Aplikasi Produk LEMIGAS-ESDM-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Melalui pengkajian yang komprehensif, Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi "LEMIGAS" Ditjen Migas Kementerian ESDM memastikan Bahan Bakar Nabati pada B35 memiliki keunggulan dibanding pendahulunya yaitu B30

Sejak diterapkan pada 1 Februari 2023 lalu, Lemigas terus mengkaji secara komprehensif beberapa aspek seperti higroskopis, efek pelarutan, stabilititas oksidasi dan potensi prespitasi dan menunjukkan B35 telah lolos uji kualitas mutu.

BACA JUGA:Namanya Masuk Bakal Cagub DKI, Grace Natalie: Mungkin Aspirasi dari Teman-teman

BACA JUGA:PT PP (Persero) Tbk Buka Lowongan Kerja Terbaru, Cek Posisi dan Cara Daftarnya di Sini

Penggunaan aditif untuk bahan bakar campuran B35 dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas bahan bakar tersebut, seperti aditif jenis cold-flow improver atau CFI yang digunakan untuk memperbaiki karakteristik bahan bakar B35", ungkap Kepala LEMIGAS, dalam keterangan resminya.

Disamping itu untuk melihat kemungkinan penyumbatan filter telah dilakukan uji dan analisis menggunakan sistem filtrasi diantaranya Filter Blocking Tendency (FBT) dan Particle Sizing and Counting (Cleanliness) yang dilakukan di Laboratorium Bahan Bakar dan Aviasi Aplikasi Produk LEMIGAS.

BACA JUGA: Irjen Mathius Fakhiri Ungkap Keberadaan Pilot Susi Air yang Disandera KKB : Tapi Lokasi Belum Pasti

BACA JUGA:Lowongan Kerja Bank Mandiri untuk 5 Posisi Officer Development Program (ODP), Bisa Kamu Pilih Sesuai Minat dan Bakat

Hasil pengujian yang dicatat berupa jumlah partikel pada setiap ukuran (<4 um, <6 um dan <14 um) serta kode cleanliness yang mengacu pada ISO 4406. Kedua parameter uji digunakan sebagai evaluasi kualitas mutu bahan bakar pada kinerja sistem filtrasi dan potensi pemblokiran filter.

Pengujian Filter Blocking Tendency mengacu metode standar ASTM D2068 dengan menghitung tekanan dan laju alir bahan bakar yang menunjukkan nilai potensi pemblokiran filter.

Sementara itu pengujian cleanliness mengacu metode standar ASTM D7619 dengan menghitung jumlah dan ukuran partikel terdispersi, tetesan air dan partikel lainnya pada bahan bakar ringan dan menengah serta biodiesel dan campuran biodiesel menggunakan automatic particle counter.

BACA JUGA:PSI Dukung Sistem Proposional Terbuka, Grace: Kalau Tertutup Oligarki Partai Semakin Menjadi

BACA JUGA:Hakim Yakin Ricky Rizal Hendaki Brigadir J Dibunuh Dengan Cara Ditembak, 'Mengawasi Gerak-gerik Korban'

Guna menjaga stabilitas dan peningkatan kualitas mutu bahan bakar, pengujian biodiesel harus terus diterapkan menuju perbaikan mutu kualitas bahan bakar, serta sistem penanganan dan penyimpanan bahan bakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: