ASKI Serahkan Alkes untuk Fakultas Kedokteran Unpad, Sarana Pendidikan untuk Mahasiswa jadi Perhatian

ASKI Serahkan Alkes untuk Fakultas Kedokteran Unpad, Sarana Pendidikan untuk Mahasiswa jadi Perhatian

PT Astra Komponen Indonesia (ASKI) menyerahkan alat kesehatan (alkes) produksi dalam negeri berupa 2 unit USG 2D--

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Astra Komponen Indonesia (ASKI) menyerahkan alat kesehatan (alkes) produksi dalam negeri berupa 2 unit USG 2D, 1 unit high flow nasal cannula (HFNC), 1 unit Suction Pump, dan 1 set Anthropometry Kit kepada Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad). 

Bantuan ini diserahkan secara langsung oleh Presiden Direktur ASKI Prihatanto Agung Lesmono kepada Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Dr. dr. Yudi Mulyana Hidayat, SpOG(K)-Onk, DMAS yang turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha, SE, MA, PhD, Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE, dan Direktur PT Astra Otoparts Tbk Lay Agus di Gedung Pamitran Jl. Prof. Eyckman No. 38, Bandung, Selasa 14 Februari 2023.

Dalam sambutannya, Lay Agus menjelaskan bahwa penyerahan alkes ini merupakan salah satu bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh ASKI, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Astra Otoparts Tbk, dalam rangka meningkatkan mutu dan sarana pendidikan mahasiswa.

“Diharapkan mahasiswa calon dokter dapat mengenal dan terbiasa dalam mengoperasikan alkes produksi dalam negeri sejak masa perkuliahan, sehingga setelah lulus sudah terlatih menggunakan alkes dalam negeri dan mengurangi ketergantungan penggunaan alkes impor,” tambah Lay Agus.

BACA JUGA:Terkuak Ada Istilah Sabu Kualitas 'Bintang' di Kasus Teddy Minahasa, Anggota Polri Ini Ungkap Pernah Diminta Tolong Cari Pembeli

Hal ini sesuai dengan tujuan program pemerintah untuk meningkatkan resiliensi atau ketahanan alkes nasional yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, Dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Terima kasih kepada ASKI karena telah mengembangkan alkes dengan komponen lokal. Harapannya ASKI bisa menjadi pelopor dan bekerja sama dengan industri dari luar negeri sehingga terjadi alih teknologi dalam pengembangan alat kesehatan yang lebih high tech dan dapat bersaing dengan pasar global,” ujar Kunta Wibawa dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Rina Indiastuti menyatakan apresiasi kepada ASKI atas bantuan alkes dalam negeri yang diberikan. Bantuan tersebut akan digunakan secara optimal dalam kegiatan perkuliahan serta praktikum mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad.

Setelah melakukan serah terima, acara dilanjutkan dengan berkeliling dan melihat langsung fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Unpad, di antaranya ultrasound training center. Acara ditutup dengan pemberian plakat serta foto bersama.

BACA JUGA:Mengintip Gaji dan Tunjangan Wahyu Iman Santoso, Hakim yang Vonis Ringan Richard Eliezer 1,5 Tahun

Sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra Otoparts Tbk, ASKI yang bergerak pada lini bisnis manufaktur komponen otomotif dengan semangat inovasi berkelanjutan pada 2020 melakukan diversifikasi bisnis dengan meluncurkan produk alkes dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: