Biar Gak Lupa, Ini Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Rajab

Biar Gak Lupa, Ini Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Rajab

MasyaAllah! Inilah Keutamaan dan Amalan di Bulan Rajab, Simak Penjelasannya!-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Rajab merupakan bulan ketujuh pada kalender hijriah, yaitu sebelum masuk bulan Sya'ban dan setelah bulan Jumada at-Tsaniyah.

Dilansir dari situs Elbalad,  bulan Rajab diberi nama “Rajab”  karena orang-orang Arab di masa lalu, 'yarjibuuna' atau menghunus pedang dari tombak mereka, suatu tindakan yang telah menjadi simbol larangan perang. 

BACA JUGA:Ini 8 Amalan dan Keutamaan di Bulan Rajab yang Baik Dilakukan, Jangan Ketinggalan!

Umat Islam juga meyakini bahwa Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa, sehingga sangat dianjurkan untuk menghormati bulan ini dengan banyak amal kebaikan.

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram." (QS. At Taubah:36).

Rajab dalam tradisi Arab bahkan disebut juga dengan berbagai nama yang sebutannya hingga 14, yaitu Syahrullah (bulan Allah), Rajab, Rajab Mudar, Mansal Al-Asna', Al-Asam, Al-Asab, Manfas, Muthahhar, Ma'ali, Muqeem, Hurum, Maqqash, Mubari', Fard, dan lainnya.

BACA JUGA:Nabi Muhammad SAW Isra Mi'raj di Bulan Rajab: Ini Sejarah Penting Peristiwa, Tujuan dan Hikmahnya

Menurut Umat Muslim, Rajab adalah bulan yang sangat istimewa. Rajab adalah satu dari empat bulan suci Allah SWT. Bulan ini juga disebut sebagai bulan yang mulia. 

Dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU), Rajab adalah bulannya Allah SWT, Shaaban adalah bulan Rasulullah, dan Ramadhan adalah bulan Muhammad.

Ketika umat Islam melakukan puasa pada bulan Rajab, seperti puasa hanya untuk Allah dan tanpa niat lain, mereka menerima nikmat Allah dan dijanjikan tempat di surga.  

Islam menjelaskan bahwa setiap malam Ramadhan adalah malam milik Allah dam Allah selalu mengampuni hamba-Nya yang selalu meminta ampunan.

BACA JUGA:MasyaAllah! Inilah Keutamaan dan Amalan di Bulan Rajab, Simak Penjelasannya!

Menurut laman muslim.or.id, bulan Rajab sama halnya seperti bulan Muharram yaitu merupakan bulan yang tabu. Bulan suci berarti dilarang melakukan segala macam kesalahan seperti membunuh selama bulan-bulan ini.

Sebaliknya, bulan haram adalah bulan untuk berbuat baik, karena Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini seperti  hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: