Biar Gak Lupa, Ini Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Rajab

Biar Gak Lupa, Ini Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Rajab

MasyaAllah! Inilah Keutamaan dan Amalan di Bulan Rajab, Simak Penjelasannya!-Pixabay-

"Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak." 

Sebelum masa khalifah Umar ibn Khattab di mana kelender Hijriyah itu dibentuk, orang-orang Arab sudah mengenal bulan Rajab sebagai Bulan mulia yang berada sebelum bulan Syaban dan sesudah bulan Jumadal-al-Tsaniyah. 

BACA JUGA:Simak! Ini Tata Cara dan Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan di Bulan Rajab, Keutamaannya Masya Allah

Ustadz Ahmad Zarkasih Lc dalam bukunya "Rajab, Keutamaan & Hukumnya" menjelaskan, sebelum Islam datang, bulan Rajab sudah menjadi bulan yang dimuliakan oleh peradaban ketika itu. Salah satu bentuk pemuliaan yang diberikan untuk bulan Rajab adalah haramnya darah ditumpahkan dalam bulan itu untuk alasan apa pun.

Abu Nashr al-Farabi (393 H) menjelaskan dalam kitabnya al-Shihah Taaj al-Lughah (1/133): Rajab artinya mulia; aku merajabkan sesuatu yakni memuliakannya dan mengagungkannya, dan sesuatu itu mulia. 

Dan karena itulah rajab dinamakan rajab; karena memang orang-orang terdahulu di zaman jahiliyah memuliakan bulan tersebut dan tidak menghalalkan peperangan.

Karena kemuliaan bulan Rajab, orang-orang pada masa jahiliyah mengharamkan peperangan. Namun, bukan hanya mengharamkan peperangan, mereka juga memiliki ritual penyembelihan hewan ketika memasuki bulan Rajab. Tujuan dari ritual ini adalah memberi makan keluarga dan orang-orang sekitarnya, juga sebagai bentuk pemuliaan dan mengharapkan kemuliaan dari bulan Rajab.

BACA JUGA:Segudang Keutamaan dan Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Wajib Diketahui

Amalan-amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Rajab 

1. Perbanyak Shalawat

Di bulan yang penuh kemuliaan ini, wajib bagi kita untuk memperbanyak shalawat.Shalawat juga dianjurkan oleh Allah, sebagaimana tertera dalam firman Allah SWT yang berbunyi:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. al-Ahzab/33: 56).

BACA JUGA:Kapan Jadwal Puasa Rajab 2023 Dilaksanakan? Simak Tata Cara dan Niat Lengkapnya

2. Perbanyak Shalat Sunnah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: