Bukan Dipecat, Rafael Alun Trisambodo Hanya Dicopot dari Pejabat Ditjen Pajak dan Masih Dapat Gaji

Bukan Dipecat, Rafael Alun Trisambodo Hanya Dicopot dari Pejabat Ditjen Pajak dan Masih Dapat Gaji

Rafael Alun ogah bayar restitusi Mario Dandy ke David Ozora dan menyerahkan pembayaran restitusi ditanggung oleh Dandy sendiri.-Dok. Video Pribadi-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi mencopot Rafael Alun Trisambodo dari jabatan sebagai pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak atau Ditjen Pajak Kemenkeu. 

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, Rafael Alun Trisambodo meski dicopot, namun statusnya masih menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

"Mengenai status dari saudara RAT yang bersangkutan per kemarin kita copot dari jabatannya, tetap ASN, yang berarti tetap terikat dengan seluruh kode etik, seluruh disiplin, seluruh aturan administratif ASN," kata Suahasil dalam konferensi pers di Kantor Pusat DJP Kementerian Keuangan, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Februari 2023.

BACA JUGA:Kondisi Putra GP Ansor yang Dianiaya Anak Pejabat Ditjen Pajak Terkini Diungkap Keluarga

BACA JUGA:Link Download Aplikasi e-KTP Digital dan Cara Penggunaannya di HP

Ia juga mengatakan bahwa pencopotan tersebut dilakukan guna mempermudah pemeriksaan lebih lanjut. 

“Pencopotan tersebut dilakukan karena pemeriksaan akan kita lakukan dan ini adalah untuk mempermudah upaya pemeriksaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, mengatakan, Rafael masih akan menerima gaji dikarenakan status PNS-nya. Adapun status pencopotan dari jabatan bertujuan untuk memperlancar proses pemeriksaan.

"Setahu saya RAT masih (menerima gaji) karena ini kan pencopotan dari jabatan dan ini prosesnya belum selesai,” ujar Yustinus.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa pihaknya mengutuk atas perbuatan dari salah satu anak pejabat Direktorat Pajak tersebut.

“Ini merupakan permasalahan pribadi, namun berdampak pada institusi kementerian Keuangan khususnya Direktorat Pajak,” terang Sri Mulyani.

BACA JUGA:Tegas! Sri Mulyani Respons Kasus Anak Pejabat Ditjen Pajak yang Suka Pamer Kemewahan dan Aniaya Remaja

BACA JUGA:Bisikan Teman Mario Soal Anak Pengurus GP Ansor: Wah Parah Itu, Hajar Aja

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mencopot Rafael Alun Trisambodo dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum di Kantor Wilayah (Kanwil) di Kanwil DJP Jakarta. Pencopotan ini merupakan buntut dari penganiayaan yang dilakukan putranya, Mario Dandy Satrio terhadap David, putra pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: