Awas! Wanita Biseksual Bisa Menghadapi Risiko Penyakit Jantung yang Lebih Tinggi, Penelitian Ungkap Faktanya

Awas! Wanita Biseksual Bisa Menghadapi Risiko Penyakit Jantung yang Lebih Tinggi, Penelitian Ungkap Faktanya

Wanita Biseksual Bisa Menghadapi Risiko Penyakit Jantung yang Lebih Tinggi,-RODNAE Production-Pexels

JAKARTA, DISWAY.ID - Kebanyakan orang mungkin tidak menganggap orientasi seksual sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita biseksual mungkin memiliki kesehatan kardiovaskular (CVH) yang lebih buruk daripada wanita heteroseksual.

Melansir dari laman New York Post, peneliti menganalisis data dari 12.180 orang dengan usia rata-rata 39 tahun. Sekitar setengah dari orang-orang itu adalah perempuan.

BACA JUGA:Bukan Sembarang Lalapan, Selada Bermanfaat Tingkatkan Kesehatan Otak dan Jantung

Data diambil dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (2007-2016), yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Masing-masing individu diberi skor CHV dari 0 hingga 100 (100 adalah yang terbaik) berdasarkan kebiasaan diet dan pemeriksaan fisik mereka.

Skor didasarkan pada ukuran kesehatan jantung ideal American Heart Association pada orang dewasa AS.

Skor di bawah 50 menunjukkan kesehatan kardiovaskular "buruk", 50-79 dianggap "sedang" dan 80 atau lebih tinggi dianggap "tinggi", per situs web AHA.

BACA JUGA:Publik Berkabung Meninggalnya Kurir Paket yang Diduga Terkena Serangan Jantung, Keras Profesi di Jalanan!

Wanita hamil dan individu dengan riwayat penyakit jantung tidak masuk ke dalam penelitian.

Wanita biseksual memiliki kemungkinan setengahnya untuk menerima skor kesehatan jantung yang lebih tinggi daripada wanita heteroseksual, sebagian besar karena "paparan nikotin dan indeks massa tubuh yang lebih tinggi".

Para peneliti juga mengutip beberapa faktor lain, termasuk stres tambahan, kurang tidur dan risiko diabetes yang lebih tinggi di kalangan wanita biseksual, menurut siaran pers dari Columbia School of Nursing.

Selain itu, pria biseksual ditemukan dua kali lebih mungkin memiliki tekanan darah tinggi dibandingkan pria heteroseksual.

BACA JUGA:Riwayat Sakit Enembe Diungkap Dokter Pribadi: Diabetes Hingga Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: