Saksi Ahli Digital Forensik PMJ Beberkan Isi Komunikasi Teddy Minahasa dengan Para Terdakwa

Saksi Ahli Digital Forensik PMJ Beberkan Isi Komunikasi Teddy Minahasa dengan Para Terdakwa

Saksi Ahli Digital Forensik PMJ Beberkan Isi Komunikasi Teddy Minahasa dengan Para Terdakwa-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sidang dengar pendapat saksi dengan terdakwa kasus Narkotika Teddy Minahasa digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis 2 Maret 2023.

Pihak Jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan anggota polisi ahli Digital Forensik dari Polda Metro Jaya (PMJ), yang bernama Rujit Kuswinoto.

BACA JUGA:Jaksa Hadirkan Saksi Digital Forensik Polda Metro di Sidang Lanjutan Teddy Minahasa

Dari bukti bukti yang ada, saksi ahli Rujit menjelaskan ada sejumlah komunikasi pesan singkat WhatsApp dari Ponsel Teddy Minahasa dengan para terdakwa lainnya untuk berkoordinasi mengenai peredaran narkotika jenis sabu.

Diketahui dalam kasus ini diketahui selain Teddy Minahasa, Para terdakwa lain yakni AKBP Dody Prawiranegara, Linda Pujiastuti, Kompol Kasranto, Aiptu Janto Situmorang, Syamsul Ma'arif, dan Muhamad Nasir yang terlibat dalam peredaran narkotika jenis sabu yang dikendalikan Teddy.

BACA JUGA:Teddy Minahasa Berdalih Tak Beri Perintah Sabu dengan Tawas ke AKBP Dody: Maksudnya Trawas, Bukan Tawas

Kepada majelis hakim, Saksi ahli menjelaskan segala bukti yang ada berdasatkan Perkap Kapolri.

"Tentu semua tahapan kami berstandar pada ISO 217 tahun 2005 yang tersertifkasi BSN. Prosesnya juga sesuai Perkap Kapolri Nomor 10 tahun 2009," ujar saksi ahli Rujit kepada Mejelis Hakim, Kamis 2 Maret 2023.

Saksi Rujit menjelaskan seluruhnya ada delapan barang bukti berupa ponsel dan sim card yang disita dari Teddy dan enam anak buahnya.

Dari beberapa barang bukti itu, Saksi ahli katakan ada jumlah percakapan yang dilakukan atas nama para terdakwa Teddy Minahasa dengan para anak buahnya.

BACA JUGA:Teddy Minahasa Mengaku Sempat Beri Klarifikasi ke Kapolri, Jawaban Jenderal Sigit Singgung Nama Sambo

Saksi ahli jelaskan berdasarkan data dari Ponsel Dody Prawiranegara yang ditujukan kepada Teddy Minahasa ada sebanyak 979 percakapan dan atas nama Arif Dukun ada 497 percakapan.

Kemudian pada ponsel Linda Pudjiastuti, saksi ahli katakan ada sebanyak 184 percakapan atas nama My Jenderal dan 13 percakapan atas nama D alias Dody.

Kemudian dari data ponsel atas nama Syamsul Ma'arif terdapat 36 percakapan ke kontak atas nama Dody, dan kepada Teddy Minahasa ada 9 percakapan, kemudian kepada Anita Cepu ada 716 percakapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: